Uang atau waktu yang lebih penting? Banyak orang memperdebatkan antara uang dan waktu, mereke memperdebatkan mana yang lebih penting. Dalam kenyataan hidup, kedua faktor itu berperan penting. Uang dapat digunakan untuk berbelanja, memenuhi kebutuhan hidup dan dapat membeli hampir segalanya. Waktu juga sangat penting, hidup manusia terbatas masanya. Jadi mana yang lebih penting?

Uang Atau Waktu, Mana yang Lebih Penting?

Mari kita teliti satu per satu. Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki nilai yang penting dan tidak dapat saling menggantikan.

Hidup manusia tidak bisa berlanjut tanpa uang

Uang telah menjadi suatu alat tukar universal. Kita dapat menukarkan hampir segala sesuatu yang terdapat di dunia ini. Kita bisa membeli makanan, baju, perhiasan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Dengan adanya uang kita bisa membeli banyak hal oleh karena itu manusia mencari uang sebanyak-banyaknya.

Dunia kini makin kejam semua dihargai dengan uang

Kehidupan di dunia ini semakin perhitungan, semua tidak ada yang gratis. Semuanya harus dibayar dengan uang, kita mau melakukan apa pun harus menggunakan uang. Toilet juga dihargai dengan uang. Pada jaman dulu, orang menggunakan kayu bakar untuk memasak dan makanan berasal dari kebun. Jaman sekarang, kayu bakar susah dicari dan tanah kebun sudah menjadi bangunan. Bahan bakar dan makanan tentunya tidak gratis, harus dibeli dengan uang. Intinya tanpa uang kita tidak bisa hidup.

Waktu Hidup Manusia Terbatas

Hidup manusia dibatasi oleh umur. Setiap hari waktu kerja manusia rata-rata hanya 16 jam dan 8 jam selanjutnya digunakan untuk tidur. Waktu 16 jam sehari digunakan untuk bekerja. Manusia akan merasa lelah dan harus beristirahat. Oleh karena itu, waktu aktif manusia hanya 16 jam sehari.

Waktu yang sudah lewat tidak bisa kembali

Manusia hidup dari waktu ke waktu dan hari ke hari hingga tahun ke tahun akhirnya Ia tua dan meninggal. Setiap waktu yang dilewati oleh seorang manusia akan bertambah ke dalam umurnya. Mereka tidak bisa berupaya untuk mengembalikan waktu yang telah terlewati. Waktu yang sudah lewat tidak mungkin kembali lagi.

Uang bisa dicari tidak seperti waktu tidak bisa dicari

Setiap hari manusia bekerja demi uang. Dalam hal ini manusia menukar waktu mereka untuk uang, makanya banyak pepatah waktu adalah uang. Secara tidak sadar mereka bekerja keras hari demi hari untuk menukarkan waktu mereka untuk uang.

Waktu manusia akan berakhir

Setiap manusia dibatasi oleh umur. Kita memang bekerja demi uang tapi kita harus sadar bahwa waktu yang kita tukarkan untuk bekerja tidak akan kembali. Oleh karena itu, kita harus bekerja dengan seefisien mungkin.

Selain bekerja, kita juga harus ingat untuk menikmati waktu bersama keluarga. Hargai waktu kita, hargai waktu orang tua yang telah merawat kita sejak kecil. Satu hal lagi, umur orang tua kita sudah jauh lebih banyak dibanding kita. Waktu mereka lebih sedikit dibandingkan kita. Lewatilah waktu terindah bersama orang tua semasih bisa.

Jadi mana yang lebih penting, Waktu Atau Uang?

Menurut saya secara pribadi, kedua hal itu sama-sama penting. Uang diperlukan untuk meneruskan hidup, membeli keperluan hidup, memberikan kebahagiaan untuk orang yang kita cintai, beramal, bersosial dan lain sebagainya. Waktu adalah faktor yang sangat penting untuk kita, kita dikaruniai kehidupan yang terbatas oleh Tuhan. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin sebagai wujud syukur kita kepada Tuhan. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk keluarga kita, pekerjaan kita, kesehatan kita dan juga hal-hal lain.

Yang paling penting bagi saya, Kita juga perlu mengingat jasa orang tua kita dengan berbagi kebahagiaan bersama mereka.

Saya tidak mampu membandingkan hubungan antara waktu dan uang dengan lebih dekat lagi. Saya hanya dapat memberikan pendekatan seperti demikian makanya saya memasukkan pandangan pribadi saya ke dalam artikel ini. Saya pribadi tidak tahu apakah artikel ini mampu menjawab pertanyaan orang-orang yang mendebatkan permasalahan mana yang lebih penting di antara uang atau waktu.