Saya kira ini adalah tutorial HTML – form yang terakhir. Kita akan membahas tentang cara untuk mengunggah atau mengupload berkas, seperti: foto, musik, video, dokumen office, dokumen pdf atau berkas lain sebagainya. Input file akan kita gunakan pada tutorial ini. Namun, input file tidak sesederhana yang kita bayangkan karena kita harus mengerti cara pengiriman file atau berkas ke sisi server. Mari kita mulai tutorial HTML – cara melakukan upload file atau unggah berkas ke server.

Tutorial HTML – Upload File/Unggah Berkas – Bagian 15 – 14 (Bahasa Indonesia)

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya kita harus mengerti cara pengiriman file atau berkas. Pada tutorial ini kita harus menyesuaikan kondisi dari form yang akan kita gunakan untuk mengirimkan berkas. Form yang akan kita gunakan untuk mengirimkan berkas harus menggunakan metode pengiriman post.

Sebuah berkas biasanya berisi data ascii(huruf komputer yang tidak bisa dibaca oleh manusia). Data ascii tidak dapat dikirimkan melalui metode get karena metode pengiriman data get akan menyisipkan data pada alamat halaman website. Alamat halaman website tidak dapat disisipkan data ascii. Selain itu, ukuran panjang alamat maksimal hanya sekitar 2000 huruf sedangkan ukuran berkas pada umumnya lebih dari 2000 huruf. Oleh sebab itu, unggah berkas tidak mungkin dilakukan melalui form yang menggunakan metode get. Kita tidak mempunyai cara lain selain menggunakan metode pengiriman post.

Selain itu, form yang digunakan untuk mengirimkan berkas harus dikodekan(encode). Metode pengiriman data disertai encode sudah disediakan oleh HTML. Caranya cukup mudah, kita perlu menambahkan atribut enctype=”multipart/form-data” untuk melakukan encoding.

Pada tag form kita harus menyertakan atribut method=”post” dan enctype=”multipart/form-data”.

Setelah itu, kita harus memasukkan kolom isian untuk memasukkan file atau berkas yang ingin kita kirimkan. Kolom isian untuk memasukkan sumber berkas menggunakan tag input dengan variasi atribut type=”file”. Kolom input ini digunakan mencari lokasi file atau berkas yang ingin kita kirimkan. Ukuran berkas maksimal ditentukan oleh spesifikasi server. Jadi pengiriman file tidak boleh melebihi ukuran file yang diijinkan oleh server.

Kita akan memasukkan sebuah kolom input untuk mengirimkan foto identitas diri pada form registrasi. Silahkan perhatikan contoh kode HTML berikut ini:

 

Hal yang perlu kita ingat untuk membuat sebuah form untuk mengirimkan berkas atau file adalah sebagai berikut:
– Form harus menggunakan pengiriman data metode post.
– Form harus melakukan pengkodean(encoding) terhadap data yang akan dikirimkan.
– Masukkan kolom untuk memasukkan berkas yang akan dikirimkan. Itu adalah 3 persyaratan utama untuk mengunggah berkas atau file.

Contoh di atas akan menghasilkan tampilan seperti berikut ini:

Tutorial HTML - Unggah Berkas - Upload

Berkas yang dikirimkan akan diterima oleh server menggunakan sistem pemrograman untuk mengalokasi berkas di dalam server. Selanjutnya untuk mempelajari cara alokasi berkas di dalam server harus dilanjutkan ke cara pemrograman di sisi server.

Tutorial HTML untuk mengunggah berkas sampai di sini karena HTML hanya mampu menangani hingga pengiriman berkas. Ini adalah bagian terakhir dari tutorial HTML mengenai form. Selanjutnya kita akan melanjutkan tutorial HTML mengenai tautan atau link.

Tutorial HTML – Tautan (Link) – Bagian 16 (Bahasa Indonesia)