Pada tutorial HTML sebelumnya kita telah mempelajari mengenai kerangka HTML. Sekarang kita teruskan lagi tutorial HTML mengenai penulisan judul. Kita akan menggabungkan ilmu yang kita pelajari pada tutorial terdahulu ke dalam pelajaran hari ini.

Tutorial HTML – Penulisan Judul – Bagian 8 (Bahasa Indonesia)

Kita akan melihat kembali tutorial terdahulu mengenai kerangka tutorial. Silahkan perhatikan kode kerangka HTML berikut ini.

Pembelajaran ini kita akan menuliskan judul pada elemen head dan body. Penulisan judul harus dilakukan pada kedua elemen ini.

Penulisan judul pada head

Penulisan judul pada head ditujukan untuk menampilkan judul pada kotak judul aplikasi peramban. Penulisan juga pada elemen head harus menggunakan tag head. Berikut ini adalah contoh penulisannya.

 

Pada kode HTML di atas akan menghasilkan tampilan judul seperti berikut ini:

latihan 8 - 01 - mozilla firefox - screenshot 1

Penulisan judul pada body

Penulisan judul pada bagian body tidak menggunakan tag title seperti pada bagian head. Pada bagian body terdapat 6 buah jenis judul yang masing-masing dituliskan menggunakan tag h1, h2 hingga h6. Tag h1 merupakan judul utaman dan kemudian diikuti dengan subjudul di bawahnya dari h2 hinggan h6. Mari kita lihat ke dalam contoh kode HTML agar lebih jelas.

 

Sekarang mari kita bandingkan hasil tampilan kode HTML di atas di dalam aplikasi peramban berikut ini:

latihan 8 - 02 - mozilla firefox - screenshot 2

Silahkan perhatikan kode HTML dan hasil tampilan pada aplikasi peramban. Pada tag title pada bagian head akan menampilkan judul pada aplikasi peramban.

Pada bagian tampilan utama merupakan hasil tampilan dari kode pada bagian body. Di dalam hasil tampilan di atas menunjukkan perbedaan antara jenis header sesuai dengan contoh kode yang dituliskan. Silahkan ditelusuri dan dibandingkan terhadap kode dan hasil tampilan di atas. Anda bisa mencoba kode di atas langsung di dalam komputer Anda agar lebih mudah dimengerti.

Ok, saya kira penulisan judul cukup mudah untuk dimengerti. Bila Ada pertanyaan silahkan berikan komentar di bawah ini. Saya akan segera menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan materi ini.

Sampai ketemu dengan tutorial selanjutnya tentang penulisan format tulisan.

Tutorial HTML – Format Tulisan – Bagian 9 (Bahasa Indonesia)