Halo semua, ini adalah seri tutorial HTML bahasa Indonesia. Saya akan coba susun tutorial HTML ini menjadi sederhana dan mudah dimengerti. Saya berharap Anda dapat mempelajari HTML dengan lebih mudah dengan konsep yang saya tanamkan di dalam tutorial ini.

Alasan saya membuat tutorial HTML bahasa indonesia

Mengapa saya membuat tutorial HTML bahasa Indonesia? Sebenarnya, saya sendiri belajar bahasa HTML dari website yang berbahasa inggris. Kehadiran website yang mengajarkan bahasa HTML dalam bahasa Indonesia masih sangat minim. Hal ini membuat orang-orang yang ingin belajar bahasa HTML menjadi sulit mendapatkan sumber yang memadai. Hingga kini sangat banyak orang yang ingin belajar bahasa HTML namun mereka tidak menguasai bahasa Inggris. Sehingga pilihan media belajar mereka sangat terbatas. Saya akan mencoba menghadirkan tutorial ini untuk menjadi salah satu media belajar bagi siapa pun yang ingin belajar HTML.

Siapa pembuat tutorial HTML bahasa Indonesia ini?

Perkenalkan saya bernama Susanto, saya lulusan SMA sekolah tidak ternama. Saya pernah kuliah di salah satu universitas besar di Indonesia namun saya tidak meneruskan kuliah karena alasan pribadi. Namun demikian, saya sudah berpengalaman di dunia website programming sejak tahun 2008. Kini saya seorang website developer, blogger, sekaligus seorang tutor online.

Mengapa HTML penting untuk dipelajari

Sekarang HTML menjadi bahasa standar dalam dunia internet. Semua website mengirimkan bahasa HTML untuk ditampilkan pada aplikasi peramban(browser). Semua tampilan situs(website) dituliskan dalam bahasa HTML. Kini jutaan server bahkan milyaran website menggunakan bahasa HTML. Anda harus memiliki pengetahuan tentang cara penulisan agar bisa menuliskan dokumen HTML baru dan merubah dokumen HTML yang telah ada.

HTML 4 dan HTML 5 juga menggunakan dasar HTML terdahulu. Bila Anda ingin mempelajari HTML 4 atau 5, Anda harus mengerti dasar penulisan HTML versi terdahulu. Hal ini akan memudahkan Anda mempelajari HTML versi lebih baru. HTML juga perlu dikuasai apabila Anda ingin mempelajari pemrograman website dinamis, seperti: ASP, PHP, JavaScript, Python, Ruby on Rail dan lain sebagainya.

HTML tutorial ini cocok untuk dipelajari oleh siapa?

Tutorial ini tidak dikhususkan untuk kalangan tertentu sehingga tutorial ini bisa digunakan oleh siapa juga yang ingin mempelajari HTML. Namun, Anda disarankan untuk mempelajari dan menguasai HTML bila Anda adalah:
1. mahasiswa teknik informasi
2. orang yang ingin membangun website
3. orang yang ingin belajar menjadi website developer
4. orang yang ingin memulai bisnis online
5. programmer
6. penulis buku pemrograman
7. blogger

Cara akses tutorial html bahasa indonesia

Anda dapat mengakses halaman tutorial ini melalui
Tutorial HTML – Pengantar – Bagian 1 (Bahasa Indonesia)

Anda akan lebih mudah mengakses tutorial melalui daftar isi
Tutorial HTML – Daftar Isi – Bagian 0 (Bahasa Indonesia)

Bila Anda seorang pemula, Anda dapat mengikuti tutorial ini berawal dari halaman ini hingga selesai

Halaman selanjutnya
Tutorial HTML – Pendahuluan – Bagian 2 (Bahasa Indonesia)