Ok, selamat datang di tutorial HTML bahasa indonesia. Sebelum mempelajari cara penulisan HTML, Anda perlu mengetahui pengertian HTML itu sendiri.

Tutorial HTML – Pendahuluan – Bagian 2 (Bahasa Indonesia)

Sejarah HTML

Bahasa HTML awalnya dibuat oleh Berners Lee pada akhir tahun 1991. Tapi, bahasa HTML yang dijadikan standar penggunaan secara umum adalah versi 2.0 dan diperkenalkan pada tahun 1995. Kini bahasa HTML yang umum digunakan adalah versi 4.01. Pada tahun 2012 mulai dikenalkan bahasa HTML versi 5 dan sering disebut sebagai HTML5.

Pengetian HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yang artinya bahasa yang menyusun tulisan pada tampilan. Kode HTML akan diterjemahkan menjadi sebuah tampilan pada sebuah aplikasi. Aplikasi yang digunakan pada umumnya untuk menampilkan tampilan dari kode HTML adalah aplikasi peramban tapi tidak menutup kemungkinan HTML digunakan juga untuk menyusun tampilan pada aplikasi lain, seperti: pemutar musik, pemutar video, aplikasi perkantoran, permainan dan lain sebagainya.

Aplikasi peramban yang sering digunakan, antara lain: Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Safari. Namun, ada beberapa pengguna yang menggunakan aplikasi peramban yang kurang terkenal, seperti: SeaMonkey, K-Meleon, Maxthon, Flock, Amaya dan masih banyak lagi yang tidak tersebut di sini.

Mekanisme penggunaan HTML

Pada praktek umumnya bahasa HTML dikirimkan dari server menuju perangkat pengguna baik itu komputer, tablet, smartphone beserta perangkat lain. Kode HTML yang dikirimkan oleh server kemudian ditampilkan pada aplikasi peramban(browser) atau aplikasi pendukung lainnya. Aplikasi yang terkait kemudian akan menampilkan data yang telah tersusun sesuai dengan kode HTML yang diterima.

Mekanisme penggunaan HTML

Bahasa HTML kini telah menjadi standar untuk menampilkan halaman website. Semua website harus berisi bahasa HTML agar dapat ditampilkan oleh aplikasi peramban.

Apakah bahasa pemrograman lain tidak menjadi standar bahasa untuk menampilkan halaman website?

Bahasa HTML merupakan bahasa tampilan dan sebenarnya HTML tidak termasuk ke dalam sebuah bahasa pemrograman, walaupun sebagian masyarakat menyebutnya sebagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman basis web lain, seperti: php, asp, jsp, java, django dan lain sebagainya dapat digunakan untuk “membantu” membuat atau merangkai bahasa HTML. Pada intinya standar yang digunakan adalah bahasa HTML.

Langkah selanjutnya setelah menguasai bahasa HTML, Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman, seperti: php, asp, jsp atau yang lainnya untuk mempercepat penulisan HTML dan membuat tampilan menjadi lebih baik menggunakan bahasa pemrograman.

Contoh bahasa HTML

Berikut ini adalah contoh sebuah kode HTML sederhana

 

Anda yang masih awam pasti bingung dengan contoh kode di atas. Kode di atas masih termasuk sederhana tapi kalau buat yang belum pernah mempelajari cara penulisan HTML pasti akan bingung ketika membacanya.

Program yang digunakan untuk belajar bahasa HTML

Aplikasi yang digunakan untuk belajar HTML hanya 2, yakni aplikasi peramban dan aplikasi editor. Anda dapat menggunakan aplikasi peramban dan aplikasi editor apa pun yang Anda suka.

Saya pribadi menggunakan aplikasi peramban Mozilla Firefox dan aplikasi editor Notepad++. Semua tutorial saya akan menggunakan kedua program tersebut tapi tutorial ini mudah untuk diikuti bila Anda ingin menggunakan program lain. Bila Anda ingin mengikuti penggunaan aplikasi Mozilla Firefox dan Notepad++.
Silahkan download di:

Download Mozilla Firefox

Download Notepad++

Pada tutorial ini Kami menggunakan pengaturan bahasa inggris pada aplikasi Mozilla Firefox dan Notepad++.

Ayo kita lanjut ke halaman selanjutnya mengenai cara penulisan kode HTML
Tutorial HTML – Cara Penulisan – Bagian 3 (Bahasa Indonesia)