Tutorial HTML sebelumnya membahas tentang cara penulisan huruf khusus atau karakter spesial. Setelah Anda mempelajari tutorial terdahulu maka pengetahuan Anda sudah mencukupi untuk menuliskan sebuah artikel atau isi halaman website. Saya akan lebih melengkapkan lagi pengetahuan Anda mengenai cara penulisan isi halaman website atau membuat sebuah artikel. Tutorial HTML kali ini saya akan membahas tentang cara penulisan parapraf pada sebuah artikel atau halaman website.

Tutorial HTML – Paragraf – Bagian 11 (Bahasa Indonesia)

Pada sebuah artikel, Anda membutuhkan minimal cara penulisan judul, cara membuat paragraf dan cara merangkai kalimat. Pada tutorial sebelumnya Anda sudah diajarkan untuk menuliskan judul dan cara merangkai kalimat. Cara merangkai kalimat Anda membutuhkan cara mengubah format tulisan dan memasukkan karakter khusus. Sekarang saat kita beralih untuk mempelajari cara merangkai menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf.

Sebuah paragraf harus berada di dalam tag p. Perhatikan contoh kode HTML untuk sebuah paragraf seperti berikut ini:

Dari contoh di atas, kita bisa mencermati bahwa setiap paragraf diawali dan diakhiri oleh tag p. Kita dapat menuliskan beberapa kalimat pendek maupun panjang untuk mengisi paragraf tersebut. Setiap paragraf yang ditandai dengan tag p akan dipisahkan dengan sebuah jarak antara paragraf dengan elemen di luar paragraf tersebut. Silahkan perhatikan contoh tampilan berikut ini.

paragraf HTML

Pengaturan paragraf

Tag p pada HTML terdapat pengaturan untuk menyusun hasil tampilan. Umumnya paragraf akan ditampilkan dengan pengaturan rata kiri bila tidak disertakan pengaturan pada saat penulisan tag p. Kita dapat memberikan pengaturan pada atribut align. Atribut align dapat diisi dengan pengaturan berikut ini:

left – rata kiri
right – rata kanan
center – paragraf ditampilkan pada tengah layar atau daerah tertentu
justify – rata pada kedua sisi(kanan dan kiri)

Mari kita perhatikan contoh kode berikut ini agar lebih jelas.

Silahkan perhatikan hasil tampilan berikut ini:

pengaturan paragraf HTML

Setiap paragraf akan dipisahkan oleh sebuah jarak. Tampilan paragraf juga disusun sesuai dengan data pada atribut align.

Tutorial HTML mengenai paragraf cukup singkat dan tidak banyak yang harus dipelajari. Hingga tahap ini, Anda sudah bisa membuat sebuah halaman website sederhana beserta informasi di dalamnya. Berikutnya kita akan memperdalam sedikit lagi mengenai pembelajaran HTML mengenai Penomoran tulisan.

Tutorial HTML – List – Daftar – Bagian 12 (Bahasa Indonesia)