Sebelumnya kita mempelajari
Tutorial HTML – Enter Dan Spasi – Bagian 5 (Bahasa Indonesia).
Tutorial HTML ini juga merupakan tutorial sederhana seperti tutorial sebelumnya. Tutorial HTML ini akan menjelaskan mengenai cara memberikan komentar ke dalam kode html. Komentar akan sangat banyak membantu seorang designer atau seorang penulis kode HTML. Kita akan lebih mudah membaca code yang kita tuliskan. Walaupun kita menggunakan program pembantu untuk menuliskan kode HTML, kita tetap akan lebih mudah untuk membaca kode HTML kita yang panjang.

Tutorial HTML – Komentar HTML – Bagian 6 (Bahasa Indonesia)

Sekarang kita lihat cara penulisan komentar di dalam kode HTML. Komentar html mirip dengan tag tapi penulisannya sedikit berbeda. Kode komentar di awali oleh <!– dan ditutup dengan –>. Untuk lebih jelasnya kita lihat ke dalam contoh berikut ini

Kalau kode di atas di simpan di dalam sebuah file HTML dan dibuka menggunakan browser maka kode komentar tidak akan ditampilkan pada halaman.

Fungsi Komentar

Anda mungkin bingung dengan fungsi komentar dan saya akan menjelaskan di sini. Komentar sangat berguna untuk meneliti setiap bagian dari kode kita. Kita bisa menyisipkan komentar agar kode kita lebih mudah kita baca. Kalau kode kita masih pendek dan sederhana kita tidak akan merasakan manfaat dari komentar tersebut. Bila kita sudah menuliskan kode yang panjang maka kita akan mengalami kesulitan untuk membaca kode kita apabila kita tidak menyisipkan komentar ke dalam kode kita.

Saya akan berikan kontoh sebuah kode seperti di bawah ini:

pada kode di atas tidak terlalu panjang tapi ada bagian yang agak susah dibaca. hal ini terletak pada tag penutup bagian akhir. Kita yang tidak terbiasa membaca kode HTML akan mengalami kesulitan membaca kode HTML di atas. Saya akan coba berikan komentar pada kode berikut ini.

 

Kode yang di atas ini sudah diberikan komentar di setiap bagian penutup. Ketika kita membaca tag penutup, kita sudah mengerti tag tersebut untuk menutup tag yang mana dengan adanya komentar. Kita juga lebih mudah menganalisa error yang terjadi ketika kita lupa menuliskan sebuah tag penutup atau salah memberikan tag penutup. Pada kasus umum kita tidak perlu lagi membaca ke atas untuk menentukan tag penutup tersebut ditujukan untuk menutup tag yang mana.

Tag juga bisa digunakan untuk memberikan suatu catatan tentang perubahan sementara yang kita berikan di dalam kode. Komentar ini akan memudahkan kita mencari kembali lokasi di mana kita memberikan perubahan di dalam kode kita.

Ok, saya rasa tutorial mengenai komentar ini. Saya harap tutorial ini akan membantu hari-hari Anda mempelajari dan mengaplikasikan kode HTML. Setelah ini kita akan masuk ke dalam bagian penulisan HTML yang lebih benar. Saya akan rangkum pengetahuan saya tentang tata cara menuliskan kode HTML ke dalam tutorial kerangka HTML. Di tutorial berikutnya saya akan memberikan banyak komentar di dalam kode agar Anda lebih mudah mengerti tutorial HTML saya.

Tutorial HTML – Kerangka HTML – Bagian 7 (Bahasa Indonesia)