Tutorial HTML karakter spesial(huruf khusus). Karakter spesial merupakan karakter khusus, seperti mata uang Yen, simbol matematika alpha, beta dan lain sebagainya. Karacter tersebut tidak ada di atas keyboard sehingga kita harus menuliskannya menggunakan cara khusus. Bila, Anda mengikuti tutorial ini dari awal, Anda pasti ingat tentang tutorial HTML ke 4 mengenai cara penulisan enter dan spasi. Penulisan enter menggunakan tag dan penulisan karakter spasi lebih dari satu menggunakan cara khusus. Kita menggunakan karakter non-breaking spasi(spasi tanpa berhenti) agar semua spasi tercetak di atas dokumen HTML. Karakter non-breaking space adalah salah satu dari sekian banyak karakter spesial HTML. Cara penulisan karakter HTML diperlukan cara khusus. Oleh karena itu, kita akan mempelajari Tutorial HTML untuk penulisan karakter spesial.

Tutorial HTML – Karakter Spesial – Bagian 10 (Bahasa Indonesia)

Salah satu karakter spesial yang pernah kita pelajari adalah Non-Breaking Space. Untuk mengingatkan kembali cara penulisan karakter Non-Breaking Space, saya tuliskan kembali kodenya di bawah ini:

Karakter non-breaking space merupakan karakter yang tidak terdapat di atas keyboard walaupun karakter ini mirip dengan spasi yang tidak tercetak apapun pada layar. Namun, karakter non-breaking space dianggap sebagai suatu huruf tidak seperti spasi biasa. Oleh karena itu, kita memanfaatkan karakter ini untuk menulis spasi yang lebih dari satu.

HTML memiliki banyak karakter spesial(huruf khusus) yang dapat dituliskan dengan cara khusus. HTML bisa menerima beberapa karakter spesial yang dituliskan secara langsung menggunakan program editor, seperti ©, ¿, «, », ¢ dan lain sebagainya. Namun, kita akan kesulitan menuliskan karakter tersebut menggunakan keyboard. Beberapa karakter khusus tidak dapat dituliskan secara langsung ke dalam dokumen HTML, aplikasi peramban tidak akan menampilkan karakter tersebut pada hasil tampilan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menuliskan karakter khusus menggunakan cara penulisan yang telah ditentukan.

Cara Penulisan karakter spesial/khusus

Setiap karakter spesial terdapat 2 cara penulisan, yaitu kode entitas HTML dan kode ISO latin-1. Kita bisa menuliskan karakter spesial menggunakan salah satu cara yang lebih memudahkan kita. Kita ambil contoh karakter Non-Breaking Space. Pada contoh sebelumnya kita menggunakan cara  , cara tersebut menggunakan kode entitas HTML. Penulisan karakter Non-Breaking Space juga bisa ditulis dengan kode ISO latin-1. Cara penulisannya adalah  

Mari kita perhatikan tabel karakter spesial HTML berikut ini:

SimbolKode Entitas HTMLKode ISO Latin-1Penjelasan

¢ ¢ ¢ nilai uang sen
© © © hak cipta
° ° ° derajat
÷ ÷ ÷ pembagian/dibagi
€ € simbol uang euro
« « « dua panah ke kiri
µ µ µ mikro(satuan ukuran)
· · · titik di tengah,
simbol perkalian kalimat matematika
± ± ± kurang lebih
£ £ £ mata uang poundsterling
» » » dua panah ke kanan
® ® ® terdaftar/merek terdaftar
™ ™ merek dagang
¥ ¥ ¥ mata uang yen

Setelah memperhatikan kedua cara penulisan karakter spesial, kita dapat menyimpulkan bahwa setiap kode spesial harus diawali dengan tanda dan(&) dan diakhiri oleh tanda titik koma(;). Penulisan kode ISO Latin-1 akan diikuti oleh tanda pagar(#) setelah diawali oleh tanda dan(&).

HTML mewajibkan penulisan huruf tertentu menggunakan karakter spesial

Tidak hanya karakter spesial yang harus dituliskan dengan cara penulisan karakter spesial. Ternyata ada beberapa huruf yang terdapat di atas keyboard harus ditulis dengan cara karakter spesial. Sebagai contoh huruf >, <, & dan beberapa huruf lainnya. Huruf < dan > digunakan pada tag HTML jadi harus dituliskan dalam bentuk karakter spesial. Namun ada beberapa huruf di atas keyboard yang tetap harus dituliskan dalam bentuk karakter spesial. Berikut ini adalah tabel karakter umum yang harus dituliskan dalam karakter spesial:

SimbolKode Entitas HTMLKode ISO Latin-1Penjelasan

& &amp; &#38; simbol dan
> &gt; &#62; tanda lebih besar dari
< &lt; &#60; tanda lebih kecil dari
&quot; &#34; tanda kutip dua
&#39; tanda kutip tunggal

Karakter spesial HTML tidak terlampir secara keseluruhan pada tutorial ini. Tutorial HTML ini hanya melampirkan karakter spesial yang sering digunakan. Bila Anda ingin mengetahui secara lengkap karakter spesial HTML secara lengkap, silahkan kunjungi halaman berikut ini.

Karakter Spesial HTML – HTML Special Characters – Daftar Lengkap (akan segera hadir).

Cara penulisan karakter spesial terbaik

Cara penulisan karakter spesial terbaik dapat ditentukan oleh Anda sendiri. Anda dapat memilih menggunakan kode entitas HTML atau kode ISO latin-1 untuk menuliskan karakter spesial. Kedua cara ini merupakan cara yang standar untuk penulisan karakter spesial, Anda dapat memilih cara yang paling baik untuk Anda.

Kode ISO latin-1 agak susah diingat karena menggunakan angka desimal di dalamnya sehingga lebih susah dihafalkan. Kode Entitas HTML menggunakan singkatan dalam bahasa inggris sehingga lebih memudahkan pengguna untuk menghafalkan dan menuliskannya.

Kode ISO Latin-1 yang dijelaskan di atas menggunakan angka desimal di dalamnya. Selain angka desimal, Kode ISO Latin-1 juga dapat menerima angka heksa desimal. Perhatikan cara penulisannya pada contoh di bawah ini:

Ok, sampai di sini tutorial HTML tentang cara penulisan karakter spesial. Tutorial ini agak panjang tapi tetap tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Bila Anda merasa susah untuk menggunakannya karena Anda belum terbiasa dan bila Anda sudah terbiasa menggunakannya, Anda tidak akan merasa susah lagi. Mulai sekarang biasakan untuk menuliskan karakter spesial.

Kita akan lanjutkan tutorial HTML ke bagian penulisan paragraf.

Tutorial HTML – Paragraf – Bagian 11 (Bahasa Indonesia)