Kita telah mempelajari tutorial HTML mengenai input tulisan. Namun, input tulisan tersebut hanya bisa menerima kalimat pendek. Kalimat yang dimasukkan tidak dapat dipisahkan oleh pemisah baris alias huruf enter. Huruf enter tidak tercetak namun di dalam komputer tombol enter tersebut tetap tercatat sebagai sebuah data. Data tersebut mewakili sebuah tombol yang berarti lompat ke baris berikutnya dan kembali ke awal baris. Pada tutorial sebelumnya input tulisan tersebut tidak dapat menampung huruf enter. Sekarang kita akan mempelajari tutorial HTML – tulisan panjang yang mampu menampung huruf enter.

Tutorial HTML – Input Tulisan Panjang – Bagian 15 – 6 (Bahasa Indonesia)

Input tulisan panjang tidak selalu digunakan di dalam sebuah form. Namun, input ini cukup sering digunakan juga pada form tertentu, contohnya: komentar, saran, kritik, pengaduan, kolom tanya jawab dan lain sebagainya.

Pada form registrasi kita juga akan memanfaatkan input text panjang. Input text panjang tidak menggunakan tag input melainkan tag textarea. Kita akan memasukkan sebuah kolom isian alamat pada form registrasi dengan menggunakan tag textarea. Mari kita lihat contoh kodenya sebagai berikut ini:

 

Kode di atas bila dijalankan pada aplikasi peramban akan menghasilkan tampilan seperti berikut ini:

Tutorial HTML - Input Tulisan Panjang - Textarea - 1

Nilai Awal

Tag textarea berbeda dengan tag lain. Tag ini tidak memiliki value untuk menampung nilai awal seperti pada tag input. Tag ini akan menampilkan dan mengirimkan data yang terkandung di dalam tag ini.

Kita akan memberikan nilai awal di dalam tag textarea untuk memperjelas bagaimana caranya untuk menuliskan nilai/tulisan awal menggunakan tag textarea. Silahkan perhatikan kode berikut ini:

 

Nilai awal yang dimasukkan akan ditampilkan sesuai dengan nilai yang dimasukkan. Silahkan perhatikan tampilan berikut ini:

Tutorial HTML - Input Tulisan Panjang - Textarea - 2

Tag textarea memang berbeda dengan tag lain yang menyimpan nilai pada atribut value. Tag textarea bahkan tidak memiliki tag atribut.

Penggunaan tag ini tidak susah karena tag textarea tidak memiliki banyak variasi seperti tag lainnya. Kita akan melanjutkan tutorial ini ke bagian drop down menu alias kolom pilihan dalam bentuk menu.

Tutorial HTML – Input Menu – Bagian 15 – 7 (Bahasa Indonesia)