Input text/Tulisan merupakan salah satu kolom isian yang paling sering digunakan di dalam suatu form. Biasanya kolom isian text digunakan untuk mengisi nama, judul, alamat email, subjek, topik dan lain sebagainya. Mari kita pelajari lebih jauh tentang cara menggunakan input text/tulisan. Mari kita mulai Tutorial HTML – input tulisan.

Tutorial HTML – Input Tulisan – Bagian 15 – 2 (Bahasa Indonesia)

Tutorial ini akan melanjutkan tutorial sebelumnya dalam hal menyusun form.

Tutorial HTML – Form – Bagian 15 – 1 (Bahasa Indonesia)

Pada tutorial ini kita akan isikan input tag pada ke dua form tersebut. Pada tag input terdapat 2 buah atribut wajib, yaitu type dan name. Atribut type digunakan untuk menentukan jenis input yang akan digunakan. Atribut name merupakan nama unik di dalam sebuah form dan digunakan untuk berinteraksi dengan suatu bahasa pemrograman. HTML sendiri masih memiliki banyak atribut lain seperti: id, value, size, autocomplete, onFocus dan lain sebagainya. Atribut id juga merupakan sebuah kode unik di dalam sebuah dokumen HTML. Dalam hal ini, kita dapat memiliki name yang sama pada form yang berbeda tapi sebuah id adalah unik sehingga tidak boleh ada id yang sama walaupun berbeda jenis tag di dalam sebuah dokumen HTML. Atribut value juga cukup sering untuk digunakan karena atribut value dapat digunakan untuk memasukkan nilai awal ketika halaman website baru dibuka. Saya akan berikan contoh kode HTML pada berikut ini:

 

Mari kita lihat hasil tampilan dari contoh kode di atas.

tutorial HTML - Input tulisan 1

Input Email

Tempat untuk memasukkan email juga menggunakan input jenis text. Kita akan menambahkan input email ini ke dalam form registrasi. Cara menambahkan input text untuk email cukup mudah, seperti cara menambahkan input text untuk input username. Kita hanya perlu menyesuaikan atribut name pada tag input tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan kode HTML berikut ini:

 

Penambahan kolom isian email seperti kode HTML di atas akan menghasilkan hasil tampilan seperti berikut ini:

tutorial HTML - Input tulisan 2

Kini Anda sudah bisa memasukkan kolom isian jenis text ke dalam form. Anda bisa menambahkan kolom isian text ke dalam form Anda. Selanjutnya kita akan menambahkan kolom isian password(kata sandi) untuk form login. Kita akan lanjutkan tutorial ini pada tutorial input kata sandi/password berikut ini:

Tutorial HTML – Input Kata Sandi – Bagian 15 – 3 (Bahasa Indonesia)