Pada tutorial HTMl kali ini kita akan kembali membahas tentang tombol, yaitu tombol ulang. Tombol ulang merupakan suatu variasi dari input tombol yang telah kita pelajari sebelumnya. Sekarang kita akan melengkapi koleksi kita yaitu tombol reset. Untuk menggunakan tombol reset mari kita ikuti tutorial HTML ini.

Tutorial HTML – Input Tombol Ulang – Bagian 15 – 10 (Bahasa Indonesia)

Fungsi dari perintah reset adalah mengembalikan form ke nilai semula. Bila kita sudah mengisi form dengan sejumlah data dan kita ingin membatalkan seluruh isi form, maka kita harus menggunakan perintah reset. Input tombol biasa seperti yang kita pelajari juga bisa melakukan proses reset form. Namun, perintah reset form harus dituliskan dalam bentuk bahasa pemrograman client side.

Pada tutorial HTML kali ini kita akan membahas sebuah tombol yang menggunakan HTML murni untuk melakukan reset form tanpa bantuan bahasa pemrograman apa pun.

Tombol reset dapat ditampilkan ke atas halaman website menggunakan tag input dengan atribut type=”reset”. Tombol reset ini dapat kita letakkan langsung di dalam form seperti berikut ini:

 

Tombol ulang yang dimasukkan pada form di atas akan tampil seperti berikut ini:

Tutorial HTML - Input Tombol Ulang - Reset - 1

Bila kita mencoba mengisi nilai form dengan sembarang nilai dan kita klik tombol ulang maka semua nilai yang kita isikan atau kita ubah akan kembali ke nilai semula. Tutorial ini cukup singkat dan tidak banyak yang perlu dijelaskan jadi sampai di sini saja. Kita akan melanjutkan tutorial HTML ini ke input tombol kirim yang merupakan salah satu jenis input yang berbasiskan tombol.

Tutorial HTML – Input Tombol Kirim – Bagian 15 – 11 (Bahasa Indonesia)