Pada penyusunan form tertentu kita membutuhkan pengguna website kita untuk memasukkan password(kata sandi). Password atau kata sandi merupakan data rahasia semua pihak. Kerahasiaan password(kata sandi) harus tetap terjaga pada saat pengguna memasukkannya ke dalam halaman website atau halaman aplikasi kita. Password yang dimasukkan tidak boleh ditampilkan pada layar oleh karena itu kita tidak dapat menggunakan input text yang dijelaskan pada tutorial terdahulu. Kita harus menggunakan input jenis khusus untuk menjaga kerahasiaan password pengguna. Hal ini akan dibahas pada tutorial ini, tutorial HTML – input kata sandi.

Tutorial HTML – Input Kata Sandi – Bagian 15 – 3 (Bahasa Indonesia)

Pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari input tulisan/text.

Tutorial HTML – Input Tulisan – Bagian 15 – 2 (Bahasa Indonesia)

Seperti yang telah kita ketahui, kolom isian input text akan menampilkan seluruh data yang kita masukkan pada kolom isian tersebut. Oleh karena itu, kita tidak bisa menggunakan input text sebagai kolom isian untuk menampung password.

HTML telah menyiapkan input khusus untuk menampung kata sandi/password tanpa menampilkan isi password kepada publik. Input jenis ini adalah input password. Input ini juga menggunakan tag input yang sama dengan input text. Cara menuliskan tag input password ini hampir sama dengan cara menuliskan tag input text. Dengan mengubah atribut type pada tag input menjadi password maka semua data hasil ketikan kita akan disamarkan menggunakan tanda bintang(*) atau simbol titik tebal.

Saya akan berikan tempat pengisian password(kata kunci) pada form login. Pada form registrasi saya tidak menambahkan kolom password. Kita anggap saja password akan diberikan oleh sistem secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu memasukkan password pada form registrasi. Password akan dikirimkan ke email yang dimasukkan pada kolom isian email. Berikut ini adalah kode HTML dari hasil menambahkan kolom isian password:

 

Berikut ini adalah hasil tampilannya.

Tutorial HTML - password - kata sandi

Anda juga bisa mencoba kode di atas langsung pada aplikasi peramban Anda. Anda bisa mencoba perbedaan antara input text dan input password. Pada input password, setiap huruf yang kita masukkan akan disamarkan menggunakan tanda titik atau tanda bintang. Kerahasiaan password akan tetap terjaga dari pihak lain yang berada di dekat kita.

Tutorial HTML - Kata Sandi - Password

Sekarang kita akan coba melengkapi form registrasi kita menggunakan persetujuan atas persyaratan yang berlaku di website kita. Kita harus memberikan kolom isian berupa kolom untuk ceklis. Kita akan melanjutkan pembelajaran kita ke tutorial HTML berikut ini:

Tutorial HTML – Input Ceklis – Bagian 15 – 4 (Bahasa Indonesia)