Saya rasa Anda sudah cukup mengerti perbedaan antara head dan body setelah mengikuti tutorial HTML sebelumnya. Tutorial HTML yang saya ajarkan sebelumnya mengenai kerangka HTML merupakan sebuah hal mutlak untuk pembuatan setiap dokumen HTML. Kali ini saya akan melanjutkan tutorial HTML format tulisan. Tutorial HTML ini akan banyak mempelajari cara mengubah tampilan tulisan di atas dokumen HTML.

Tutorial HTML – Format Tulisan – Bagian 9 (Bahasa Indonesia)

Bila kita menulis sebuah artikel, tulisan, iklan promosi atau lain sebagainya. Kegiatan dalam membuat tulisan tidak akan terlepas dari penggunaan format tulisan yang berbeda-beda, seperti: cetak tebal, cetak miring, garis bawah dan lain sebagainya.

Kita coba lihat beberapa baris kode HTML berikut ini:

 

Kode HTML di atas akan menghasilkan tampilan seperti berikut ini:

latihan 9 - 01 - mozilla firefox - screenshot 1

Pada contoh kode di atas menampilkan cara melakukan perubahan format atau bentuk tulisan pada suatu dokumen HTML. Berikut ini saya akan jelaskan mengenai fungsi tag yang digunakan pada contoh di atas.

b – mempertebal tulisan(cetak tebal)
strong – mempertebal tulisan sama dengan tag b
i – cetak miring
u – memberikan garis bawah
strike – memberikan coretan pada tulisan
del – memberikan coretan pada tulisan
s – memberikan coretan pada tulisan
center – mencetak tulisan di tengah layar atau pada suatu lokasi
big – memperbesar ukuran tulisan
small – memperkecil ukuran tulisan
font – untuk memberikan efek perubahan bentuk tulisan seperti jenis font, warna dan ukuran

Aplikasi Format Tulisan

Banyak tag HTML yang kini sudah ditinggalkan oleh HTML versi 5, seperti big, small, strike, center dan font. Tapi dalam proses pembelajaran HTML tag tersebut masih perlu dipelajari karena tidak semua website atau dokumen HTML ditulis menggunakan standar HTML5. Saya pribadi sangat menyarankan Anda untuk mempelajari semua tag HTML yang ada. Bila Anda meninggalkan tag HTML sebelum versi 5, Anda mungkin akan mengalami hambatan ketika membaca kode HTML versi terdahulu.

Tag HTML pada format tulisan yang paling sering digunakan adalah b, i, u dan s. Tag lain sudah mulai ditinggalkan dan fungsi tag tersebut tidak digantikan fungsinya menggunakan tag baru melainkan menggunakan CSS. Sebaiknya Anda menyelesaikan pembelajaran HTML sebelum mempelajari CSS, hal ini akan lebih membuat proses belajar Anda mejadi lebih fokus.

Pada akhir tutorial ini saya akan membahas sedikit mengenai CSS untuk memudahkan Anda memahami dan mempelajari tentang style sheet alias CSS.

Pertambahan efek pada format tulisan

Sebelumnya saya pernah menjelaskan bahwa tag HTMl bertingkat dapat memberikan pertambahan efek. Saya akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam menggunakan tutorial ini. Silahkan perhatikan kode HTML berikut ini:

 

Selanjutnya perhatikan hasil tampilannya, seperti berikut ini

latihan 9 - 02 - mozilla firefox - screenshot 2

Sepertinya yang dijelaskan sebelumnya kode HTML akan menghasilkan efek bertingkat di dalam naungan tag yang diberikan. Efek pada baris terakhir terlihat sama dengan baris ke 2 karena masih dalam naungan tag yang sama yaitu, big.

Tag Font

Tag font dapat dikatakan tag yang dapat melakukan banyak hal. Hal yang dilakukan akan disesuaikan berdasarkan atribut yang disertakan di dalam tag tersebut. Pada tag font terdapat 3 jenis atribut yang dapat digunakan untuk mengubah penampilan pada tulisan. Masing-masing atribut akan diterangkan berikut ini:

Atribut color

Color merupakan atribut yang digunakan untuk mengubah warna. Atribut color dapat diisi dengan nama warna, kode warna desimal maupun kode warna heksa desimal. Contohnya:

Atribut face

Attribut face dapat digunakan untuk mengubah jenis font pada text. Atribut face harus diisi dengan sebuah nama font. Perhatikan contoh berikut ini:

Atribut size

Atribut size merupakan atribut yang paling sering digunakan. Atribut ini digunakan untuk mengubah ukuran tulisan. Ukuran tulisan dapat disertakan dalam bentuk angka pasti atau perubahan ukuran tulisan secara relatif. Perubahan ukuran secara relatif cukup berguna bila kita menuliskan artikel yang panjang dan berubah-ubah ukuran tulisannya. Mari kita lihat contohnya pada kode HTML berikut ini:

Multi Atribut

Tag font dapat menggunakan salah satu atribut atau lebih. Tag font juga memungkinkan kita menggunakan semua atribut untuk merubah bentuk tulisan.
Contoh:

 

Saya kira Anda sudah cukup mengerti dengan cara mengatur format tulisan. Saya sara tutorial kali ini agak panjang tapi tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Bila Anda mengalami kesulitan untuk memahami tutorial ini, Anda bisa menuliskan pada komentar di bawah ini. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Sebelumnya, Anda bisa mencoba menuliskan kode HTML yang Anda pelajari agar Anda lebih mudah mempelajari tutorial ini.

Tutorial Selanjutnya
Tutorial HTML – Karakter Spesial – Bagian 10 (Bahasa Indonesia)