Hampir semua pekerja umumnya sangat sibuk mempersiapkan diri untuk berangkat kerja di waktu pagi hari. Mereka sebagian besar tidak sempat sarapan pagi atau melewatkan sarapan pagi karena terburu-buru pergi ke kantor. Mereka biasanya melewatkan makan pagi dan hanya makan siang di kantor. Padahal sarapan sehat sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas sehari-hari karena akan membuat otak lebih siap untuk berpikir dan tubuh siap untuk melakukan aktivitas.

Sarapan sehat untuk memulai harimu

Apakah Anda termasuk orang yang tidak melakukan sarapan pagi atau hanya tidak sempat saja? Bila selama ini Anda sering melewatkan sarapan pagi, Anda hendaknya mengubah kebiasaan Anda mulai saat ini untuk melakukan sarapan pagi secara teratur. Menu sarapan pagi tidak harus makanan berat seperti menu makan siang. Menu makan pagi yang terpenting adalah makanan sehat, bergizi dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyiapkannya.

Berikut ini daftar makanan sehat yang dapat Anda konsumsi sebagai sarapan sehat untuk memulai hari Anda:

Gandum kaya akan serat dan membantu menurunkan kolesterol

Gandum mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Gandum juga mudah diolah dan mampu memberikan rasa kenyang yang lama. Bahkan gandum saat ini menjadi pilihan makan yang sehat bagi jantung dan mampu menurunkan kolesterol.

Menu yang dapat disiapkan dengan bahan gandum, adalah gandum dimasak dengan air yang sudah mendidih. Untuk memberi rasa pada gandum, Anda dapat menambahkan gula pasir, madu atau susu bubuk pada saat gandum dimasak. Anda juga dapat menambahkan pisang yang sudah diiris tipis setelah gandum selesai dimasak. Waktu memasak gandum cukup sebentar saja, sekitar 5-10 menit.

Yoghurt melengkapi kebutuhan kalsium dan baik untuk pencernaan

Yoghurt juga memiliki manfaat baik dalam melancarkan pencernaan. Yoghurt memiliki kandungan kalsium dan protein. Yoghurt juga dapat memberi rasa kenyang. Untuk menambah rasa manis, Anda dapat menambahkan buah-buahan yang sudah memiliki rasa manis, seperti: mangga, apel, buah naga atau lain sebagainya.

Cara penyajian yoghurt bersama buah cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengiris atau membelah dan memotong kecil beberapa buah dan memakannya dengan yoghurt.

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh

Telur adalah bahan makanan yang paling mudah diolah. Kandungan gizinya hampir setara dengan kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh dalam sehari. Hampir sebagian besar dari orang di dunia mengkonsumsi telur sebagai makanan pokok maupun sebagai sarapan pagi.

Menu sarapan yang dapat disiapkan dengan bahan telur, seperti:
1. roti tawar/gandum dengan telur rebus yang sudah dipotong dadu, daun seladada, diolesi mayonnaise dan saus tomat.
2. nasi dan telur dadar.
3. telur rebus.

Pisang kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh

Pisang mengandung vitamin A, B, C dan E. Pisang juga memiliki kandungan serat, potassium, zink dan zat besi. Kandungan gizi dari sebuah pisang dapat membantu Anda berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pisang terdiri atas banyak varian, namun pada umumnya kandungan gizi dari setiap jenis pisang hampir sama antara jenis tertentu dengan jenis lainnya.

Menu sarapan yang dapat disiapkan dengan bahan pisang, diantaranya:
1. Dimakan langsung.
2. Pisang diiris tipis kemudian ditaruh pada roti tawar/roti gandum, diolesi susu kental manis atau ditaburi keju parut.

Selai almond

Selai almond memiliki kandungan protein dan mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh. Selain itu, Anda akan menghemat banyak waktu dengan mempersiapkan sarapan dengan selai almond. Selai almond memiliki kandungan gizi yang setara dengan selai kacang.

Menu sarapan yang dapat Anda persiapkan dengan selai almond adalah roti tawar/roti gandum diolesi selai almond. Anda dapat memakannya langsung di rumah atau membawa roti dengan selai almond sebagai bekal ke kantor.

Susu melengkapi kebutuhan gizi dan kalsium

Penyajian susu sangat mudah. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat dan meminumnya. Konsumsi susu setiap hari akan membuat Anda sehat dan berenergi selama seharian beraktifitas. Pilih jenis susu dengan rendah kalori dan rendah lemak agar berat badan Anda tetap terjaga. Susu juga akan memenuhi kebutuhkan kalsium tubuh kita dan akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.