Penipuan pada jual beli online sering terjadi, sehingga timbul rasa ketakutan untuk berbelanja online. Namun pada prakteknya penipuan tidak hanya terjadi pada sisi penjual. Penipuan juga bisa saja terjadi pada pihak pembeli. Hal ini menimbulkan kecemasan yang tinggu untuk melakukan aksi jual beli secara online, karena pengalaman dan informasi yang negatif terhadap transaksi secara online.

Penipuan dari pihak penjual
Penjual memberikan foto atau penjelasan tentang produk yang ditawarkan. Namun penjual tidak memenuhi kewajibannya setelah menerima bayaran dari pembeli. Penjual bisa saja tidak mengirimkan produk yang ditawarkan atau mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan penawaran sebelumnya. Penjual nakal pun terkadang mengirimkan batu bata atau sampah lain kepada pembeli demi mendapatkan nomor resi pengiriman untuk meyakinkan pembeli bahwa barangnya telah dikirimkan melalui perusahaan pengiriman. Berbagai cara dilakukan oleh oknum yang berniat tidak baik akhirnya merusak citra baik jual beli secara online.

Penipuan dari pihak pembeli
Pembeli membayar kewajibannya kepada penjual, penjual pun sudah melakukan kewajibannya dengan mengirimkan produknya melalui perusahaan ekspedisi sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Namun setelah barang sampai ke pihak pembeli, Pembeli mengaku bahwa mereka tidak menerima barang hasil kiriman. Sehingga pembeli menuntut penjual untuk mengirimkan barangnya sekali lagi atau malah menuntut penjual untuk mengembalikan sejumlah uang yang telah dibayarkan. Lagi-lagi oknum yang berniat jahat kembali merusak pandangan masyarakat mengenai jual beli online.

Rekening Bersama
Pihak tertentu mencoba memberikan solusi untuk menengahi kedua pihak antara penjual dan pembeli untuk menyelesaikan transaksi secara online dengan rasa aman. Pihak ketiga ini diberi nama Rekening Bersama yang menggunakan nama baiknya agar diberi kepercayaan sebagai pihak penengah dan rekening bank yang digunakan sebagai media penengah. Rekening bank ini ditujukan untuk menampung dana pembayaran oleh pembeli ke penjual secara sementara. Pihak Rekening Bersama akan meneruskan pembayaran tersebut ke pihak penjual apabila pihak pembeli telah menyatakan barang sudah diterima dan sesuai dengan pesanannya. Kedua belah pihak harusnya menyatakan selesai sebelum dana diteruskan ke pihak penjual.

Bila terjadi perselisihan maka penjual dan pembeli harus menyelesaikannya terlebih dahulu. Bila kedua belah pihak tidak mempunyai jalan penyelesaian maka pihak pembeli harus mengembalikan produk ke pihak penjual dan kemudian pihak Rekening bersama akan mengembalikan dananya ke pihak pembeli.

Cara Menggunakan Rekening Bersama
Perlu Kami ingatkan kembali, sekarang ini telah beredar banyak pihak yang menyediakan layanan Rekening Bersama sehingga ketentuan yang diberikan oleh masing-masing pihak tentunya berbeda. Anda yang ingin berjualan atau berbelanja online harus menunjuk salah satu pihak penyelenggara rekening bersama untuk melakukan transaksi. Kedua belah pihak harus setuju menggunakan sebuah layanan rekening bersama. Pihak penyelenggara juga wajib diberikan info mengenai transaksi Anda antara penjual dan pembeli beserta jumlah nilai transaksi. Selanjutnya, Anda akan dibimbing oleh pihak Rekening bersama untuk melanjutkan transaksi tentunya perlu diingat. Anda sebelumnya juga perlu membicarakan terlebih dahulu dengan pihak yang ingin bertransaksi dengan Anda, pihak mana yang akan menanggung biaya jasa Rekening Bersama. Setelah semua setuju untuk melanjutkan transaksi, pihak pembeli tentunya harus mentransfer sejumlah uang yang telah ditentukan ke rekening bank milik Rekening Bersama. Penjual selanjutnya harus melakukan pengiriman barang melalui perusahaan ekspedisi yang memiliki sistem tracking online agar pihak Rekening bersama juga dapat memantau perjalanan transaksi. Setelah transaksi selesai pihak Rekening Bersama akan mentransfer uang tersebut ke pihak penjual setelah dipotong dengan biaya transaksi yang telah ditentukan.

Kehadiran pihak rekening bersama memang mampu memulihkan citra buruk mengenai transaksi jual beli online. Banyak pihak yang telah memanfaatkan Rekening Bersama demi keamanan transaksi, walaupun mereka diharuskan membayar sejumlah biaya sebagai jasa pihak penengah dalam menjamin keamanan transaksi. Buat Anda yang masih ragu untuk berbelanja online di forum atau website pribadi, Anda bisa mengajukan rekening bersama sebagai media penengah dalam transaksi. Semoga pembahasan ini juga berguna untuk Anda yang ingin membuka toko online dan tentunya mampu membuat calon customer Anda untuk percaya pada toko online Anda.