Rasa penasaran ingin belajar bahasa C++ lebih mendalam, kali ini saya coba membuat program tiket pesawat bahasa C++. Awalnya saya mengira pemrograman ini tidak terlalu rumit. Pada awalnya saya membuat program seperti pengalaman belajar kemarin. Saya mengira program ini bisa saya selesaikan dalam waktu kurang lebih 1 jam. Kenyataannya diluar prediksi saya, setelah 1 jam berlalu saya menemukan banyak bug di dalam program saya.

Setelah 1 jam berlalu saya mulai testing program saya, ternyata banyak hal yang membuat program tidak berjalan seperti apa yang saya harapkan. Nah dari apa yang saya pelajari dari program ini antara lain:

Perintah cin akan memecah data

Saya sebelumnya hanya mengira perintah cin bisa digunakan untuk semua jenis input. Ternyata perintah cin akan memecah string menjadi beberapa string ketika data input mengandung tanda spasi. Nah ini yang membuat saya bingung di dalam pembuatan program ini.

Getline memberikan solusi untuk perintah cin

Akhirnya ditemukan solusi menggunakan perintah getline untuk mendapatkan data input yang terpisah oleh tanda spasi. Namun, perintah getline tidak dapat digabungkan penggunaannya dengan perinta cin. Hal ini akan mengakibatkan perintah input yang terlewati. Hal ini masih menjadi misteri buat saya sendiri karena saya belum mengetahui penyebab masalah ini timbul.

Getline hanya bisa digunakan untuk menerima input string

Penggunaan perintah Getline tidak bisa digunakan untuk menerima input yang berbentuk integer(string). Hal ini mengharuskan program ini menggunakan pengubahan data dari bentuk string ke integer.

Perintah stoi hanya terdapat di compiler C++ khusus

Nah, satu lagi masalah muncul di sini. Perintah stoi untuk mengubah string menjadi integer tidak ada pada compiler saya. Setelah saya pelajari lebih lanjut akhirnya saya harus membuat fungsi sendiri untuk mengubah string menjadi integer.

Pembuatan class di C++ tidak sederhana

Pengetahuan PHP saya tidak bisa diaplikasikan langsung pada bahasa C++. Pembuatan class di dalam bahasa C++ ternyata lebih explicit, artinya semua hal harus dituliskan secara terpisah, seperti: default value dan overriding. Penulisan class harus diakhiri dengan tanda titik koma”;”. Hal ini tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Jadi ini pengalaman yang sangat berharga.

Program Tiket Pesawat Bahasa C++

program tiket pesawat bahasa c++

Ok, saya tidak akan panjang lebar lagi membahasnya. Langsung saja programnya saya lampirkan di bawah ini.

Download source code bisa langsung

Buat Anda yang mau menyimpan file source bisa download langsung dari link berikut ini: