Saya jujur saja baru belajar C++ dan ini program pertama saya. Awalnya saya hanya iseng-iseng mau tahu bahasa C++. Setelah semalam baca cara pemrograman C++ ternyata tidak sesusah yang saya bayangkan. Saya ternyata berhasil menuliskan program menu makanan bahasa C++ ini dalam waktu semalam. Saya mengangkat topik ini sebagai pembahasan saya kali ini dikarenakan saya terinspirasi untuk membuat sebuah sistem penjualan tapi ini versi sederhananya. Program ini masih terlalu sederhana untuk diaplikasikan dalam penjualan tapi buat yang mau belajar pemrograman C++ saya rasa ok banget.

Program Menu Makanan Bahasa C++

Saya awalnya membaca contoh program dari artikel milik Ardy Sendleep mengenai contoh program menu makanan menggunakan bahasa C++. Saya mendapatkan banyak pembelajaran dari artikel itu. Saya tidak copy paste murni dari program beliau tapi saya melakukan beberapa perbaikan struktur di dalamnya dan fungsi program. Bila dibandingkan saya rasa program saya terlihat sangat berbeda dengan program yang saya contek. Sekitar 60% programnya saya buat ulang sesuai dengan versi saya.

Di dalam artikel milik bapak Ardy belum ada penjelasan mengenai alur program. Pada awalnya saya agak sedikit kesulitan mempelajari program sumber inspirasi saya karena tidak disertai penjelasan di dalamnya. Saya akan coba melengkapkan penjelasan dalam program saya. Jadi kalau Anda belajar menggunakan artikel ini, saya yakin akan lebih mudah untuk mempelajari pemrograman C++. Tapi bagaimana pun juga Saya berterima kasih Bapak Ardy sudah meluangkan waktu untuk sharing ilmunya dan karena berkat artikelnya, saya jadi bisa “peace”.

TDM GCC compiler C++ gratisan

Saya semalam mencoba mencari compiler C++. Setelah banyak membaca akhirnya saya berakhir pada TDM GCC. Compiler ini gratis dan ukurannya sekitar 46MB untuk versi 64bit dan 35MB untuk versi 32bit. Klik link ini untuk Download TDM GCC.

Notepad++ program editor serba guna

Saya menggunakan notepad++ untuk menulis kode pemrograman C++. Saya sudah menggunakan program ini sejak lama, bila Anda ingin mencari tahu tentang program ini bisa kunjungi halaman
Notepad ++ Plus Plus Program Editor Bahasa Pemrograman dan baca juga
Cara Download Dan Instal Notepad ++ Plus Plus Pada Komputer.

Tidak panjang lebar lagi, langsung saja lihat kode programnya di bawah ini. Anda bisa copy dan save ke suatu file yang berakhiran .cpp. Kemudian bisa langsung dijalankan alias compile.

Download programnya di sini

Anda juga bisa download program menu makanan bahasa C++ di sini. Kode program sama persis dengan yang disertakan di atas tapi Anda bisa mendownloadnya dalam bentuk zip.

Mengenai penjelasan cara kerja program ini saya pisahkan ke halaman Cara Kerja Program Menu Makanan Dalam Bahasa C++. << klik untuk melanjutkan.