Bila Anda baru saja membeli website atau Anda orang awam yang berkeinginan untuk memiliki website perusahaan, blog, toko online, website pemesanan produk atau website apa saja. Anda wajib baca artikel ini. Anda butuh persiapan untuk menjalankan dan mengelola website atau toko online yang matang. Mengapa hal ini dibutuhkan?

Website tidak akan memiliki pengunjung bila tidak disertai usaha meramaikan website

Banyak orang mengira bahwa ketika mereka memiliki sebuah toko online atau website maka website mereka akan dikunjungi oleh calon customer secara otomatis. Hal ini tidak benar karena Anda harus mengetahui fakta dunia internet dan Anda harus memiliki rencana yang matang untuk menjalankan sebuah website. Dari dulu hingga kini, kesalahan cara berpikir ini selalu meliputi orang-orang yang berencana memiliki website.

Calon konsumen akan kecewa bila tidak cepat dilayani

Pengunjung website atau calon konsumen berharap untuk dilayani secepatnya. Mereka yang mengunjungi website kita ingin segera mendapatkan informasi. Mereka akan menghubungi kita secara langsung menggunakan sarana yang kita berikan seperti: email, live chat, messenger dan lain sebagainya. Bila mereka tidak dilayani dengan cepat akan berakhir pada kekecewaan akhirnya mereka akan meninggalkan website dan membatalkan niat berbelanja. Oleh karena itu, mereka harus segera dilayani karena mereka akan menganggap bahwa pihak penjual tidak serius.

Persiapan untuk menjalankan dan mengelola website atau toko online

Pertama-tama kita harus menghindari kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan pemilik website, yaitu menunggu pengunjung datang. Sebelum kita melangkah terlalu jauh lebih baik kita merancang langkah yang akan kita ambil untuk menjadikan website kita berkembang.

Jemput pengunjung ke dalam website dengan segala cara

Kita perlu menyebarkan informasi mengenai keberadaan website kita kepada masyarakat. Hal ini akan menarik pengunjung ke dalam website kita. Segala cara dapat dilakukan, seperti: pasang iklan, hadir di media sosial, sebarkan informasi melalui aplikasi chatting, sebarkan brosur dan lain sebagainya. Semakin banyak kita memberikan informasi kepada masyarakat semakin banyak pula kesempatan website kita akan dikunjungi oleh pengunjung.

Sediakan customer service untuk melayani pengunjung yang ingin bertanya dan berbelanja

Konsumen adalah raja, hal ini juga berlaku di dunia internet. Kita harus memberikan layanan yang memuaskan kepada pengunjung. Kita harus memiliki beberapa media layanan kepada konsumen untuk memberikan informasi, contohnya: email, live chat, aplikasi chat, forum, messenger dan lain sebagainya.

Selanjutnya, sediakan minimal satu orang yang khusus untuk memberikan respon kepada pengunjung yang ingin bertanya. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung yang berinteraksi mendapatkan respon secepat mungkin.

Sediakan Informasi yang lengkap di dalam website

Pengunjung lebih suka dengan website yang memberikan informasi dengan lengkap. Hal ini membuat pengunjung mendapatkan kepuasan ketika berselancar di dalam website kita. Ada beberapa orang yang tidak suka untuk menghubungi pihak pemilik website untuk menanyakan informasi lebih lanjut. Mereka lebih suka mencari informasi ke dalam website lain dengan alasan akan lebih cepat dibandingkan menunggu customer service memberikan balasan. Oleh karena itu, lebih baik kita menyediakan informasi yang lengkap di dalam website. Hal ini juga akan meringankan beban kerja customer service.

Informasi yang kita sediakan di dalam website juga dapat menarik pengunjung baru melalui mesin pencari. Hal ini merupakan cara marketing pasif. Kita sediakan informasi lengkap di dalam website dan pengguna internet yang membutuhkan informasi tersebut akan dihubungkan oleh mesin pencari.

Kirimkan informasi secara berkala kepada pelanggan

Kita juga harus siapkan fitur langganan agar pengunjung tetap mendapatkan informasi terbaru dari website kita. Hal ini merupakan salah satu cara membina hubungan baik antara kita dengan pengunjung kita. Cara ini bisa membantu agar website kita mendapatkan pengunjung tetap dan tentunya akan menambahkan penghasilan melalui website kita.

Ciptakan nama baik di dunia internet dengan memberikan solusi

Banyak pihak yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai hal-hal teknis. Kita dapat memberikan informasi maupun solusi di dalam forum. Melalui forum tersebut kita dapat menuliskan informasi yang dapat membangun nama baik website kita. Di akhir setiap informasi yang kita berikan, kita dapat menuliskan identitas website kita. Hal ini akan memancing beberapa pihak yang mencari informasi tersebut untuk mengunjungi website kita.

Bila kita sebagai pemilik website melakukan kesalahan kepada pihak konsumen. Hal ini perlu kita sikapi sebagai salah satu kesempatan menciptakan nama baik. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah permohonan maaf selanjutnya kita berikan ekstra bonus.

Contoh pada suatu kasus:
Ketika pesanan salah satu konsumen kita yang terlewatkan, kita harus memohon maaf dan memberikan suatu bonus ekstra yang berhubungan dengan produk yang dibeli. Misalnya pesanan tersebut adalah Handphone A, kita dapat berikan bonus kaca anti gores untuk handphone tersebut atau cleaner kit sebagai hadiah sekaligus permintaan maaf.

Hal ini dapat berfungsi sebagai cara marketing dan sekaligus membangun nama baik website kita.

Naikkan ranking pencarian website kita di halaman mesin pencari

Kita telah menyediakan informasi lengkap di dalam website kita namun kita harus memastikan informasi kita dapat ditemukan oleh pengguna internet yang membutuhkan. Kita perlu memantau hasil pencarian di mesin pencari. Halaman website kita juga perlu dioptimalkan dengan berbagai teknik SEO agar website kita dijangkau oleh lebih banyak pengunjung.