Sebagian orang yang tinggal di perkotaan dan daerah banjir, harus menghadapi banjir setiap tahun. Mereka tidak memiliki tempat tinggal lain sebagai tempat naungan menghadapi banjir. Mereka tidak memiliki pilihan lain selain menghadapi banjir itu sendiri.

Setiap musim hujan warga daerah banjir akan mengulangi hal yang sama untuk menghadapi banjir. Mereka tidak dapat mengungsi ke daerah lain dengan berbagai alasan masing-masing. Mereka harus menetap di dalam rumah mereka dalam keadaan banjir. Mereka hanya berdoa agar hujan segera berhenti dan ketinggian air cepat turun.

Bila Anda termasuk orang yang harus menghadapi banjir tersebut. Anda harus melakukan persiapan menghadapi musim hujan dan banjir seperti berikut ini:

Makanan
Makanan kering dan instan harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda selama 2 minggu karena tidak ada yang dapat memprediksi berapa lama banjir akan melanda. Anda lebih baik mempersiapkan mie instan dan beberapa snack kering yang siap makan dibandingkan Anda menyimpan bahan makanan yang perlu diproses terlebih dahulu. Ketika banjir melanda, Anda akan kesulitan untuk memasak. Anda disarankan menyimpan makanan siap saji dibandingkan bahan makanan.

Minuman
Air bersih untuk minuman juga sangat penting karena setiap hari kita membutuhkannya. Anda juga wajib menyimpan cadangan air minum untuk 2 minggu. Pada saat banjir semua orang akan kesusahan untuk memperoleh air minum. Anda lebih baik mempersiapkannya dari awal.

Obat
Pada saat terjadi banjir, banyak jenis penyakit yang ikut muncul dan membuat keadaan menjadi lebih tidak bersahabat. Anda mungkin menjumpai tetangga Anda terkena penyakit flu, demam, batuk, penyakit kulit dan lain sebagainya. Anda juga perlu mewaspadai hal ini dengan menyiapkan obat-obatan penting seperti obat luka, obat mata, obat kulit, obat minum yang umum digunakan dan lain sebagainya.

Perlengkapan
Pada saat banjir Anda akan sulit mendapatkan pencahayaan di dalam rumah, Anda disarankan menyiapkan senter dan baterai tentunya. Anda butuh menyiapkan kompor dan gas untuk digunakan ketika banjir menghampiri daerah Anda. Anda harus telah mempersiapkan tempat tidur dan tempat istirahat untuk keluarga yang tidak tergenang oleh air.

Dokumen
Anda wajib mengumpulkan dokumen penting untuk disimpan pada tempat yang aman dan tidak tergenang oleh air. Anda perlu melindungi dokumen penting dengan beberapa lapis plastik sehingga tidak basah oleh air apabila sewaktu-waktu tidak sengaja terjatuh atau penyebab lain yang tidak terpikirkan.

Kunci
Anda perlu menyiapkan kunci cadangan di dekat Anda karena ada kemungkinan banjir datang pada tengah malam. Hal ini dimaksudkan agar Anda dan keluarga Anda tidak terperangkap di dalam rumah Anda sendiri. Anda bisa menggunakan kunci cadangan ketika tidak berhasil menemukan kunci yang Anda gunakan sehari-hari.