Perbedaan Bisnis Online dan Offline - Photo Credit placeit.net

Perbedaan Toko Online dengan Toko Konvensional

Bila Anda ditanya mengenai “Bedanya apa sih Toko online dengan Toko biasa”. Mungkin Anda bisa langsung menjawab “Namanya aja sudah beda.. yang jelas yang satu offline yang satu online”. Iya memang itu jawabannya namun hal itu tidak menjelaskan secara mendetil. Mari kita simak lebih detilnya:

Lokasi
Toko Konvensional: Lokasi toko Anda sangat tergantung ramai tidaknya pengunjung toko Anda. Anda harus mencari lokasi di pusat keramaian tentunya, namun
Toko Online: Anda dapat menjalankan toko online dari mana saja tidak diperlukan lokasi tetap. Selama ada ketersediaan listrik dan jaringan internet Anda dapat melakukannya di sana.

Nama Toko
Toko Konvensional: Anda mudah mencari nama toko asalkan nama toko tidak didaftarkan haknya oleh badan tertentu. Anda bisa memiliki nama toko yang sama dengan toko lain sehingga nama toko lebih mudah ditentukan.
Toko Online: Nama Toko tergantung dengan ketersediaan nama domain yang semakin lama semakin susah dicari. Nama Domain adalah unik sehingga Anda tidak mungkin memiliki nama domain yang sama dengan toko online lain.

Pengunjung
Toko Konvensional: Pengunjung akan menghampiri toko Anda maka pastikan toko Anda berada di tempat yang ramai. Pengunjung berasal dari lokasi setempat.
Toko Online: Pengunjung tidak akan datang dengan sendiri ke toko Anda. Anda harus memperkenalkan toko Anda atau produk toko Anda. Sehingga pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi toko Anda. Pengunjung bisa berasal dari seluruh nusantara hingga seluruh dunia.

Produk
Toko Konvensional: Anda harus menyediakan stok produk yang ingin Anda jual, karena pengunjung yang datang membeli ingin melihat langsung produknya.
Toko Online: Anda tidak perlu menyimpan stok barang bila stok selalu tersedia di vendor Anda. Pengunjung tidak bertemu langsung dengan Anda dan tidak bisa melihat langsung produk yang ingin Anda jual. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan foto produk yang berkualitas. Anda juga harus menjaga kualitas layanan toko Anda dengan mengirimkan barang yang sesuai dengan foto yang Anda pajang.

Waktu
Toko Konvensional: Pembeli hanya bisa berbelanja ketika toko Anda buka.
Toko Online: Toko selalu terbuka untuk pengunjung oleh sehingga bisnis menggunakan toko online tidak mengenal waktu.

Pemantauan
Toko konvensional: Kinerja toko tidak dapat dipantau langsung secara jarak jauh. Oleh karena itu, toko konvensional cenderung tidak dapat ditinggal pergi.
Toko Online: Kinerja online dapat diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan internet. Pemilik toko dapat meninggalkan tokonya dan dapat memantaunya langsung.

Pembayaran
Toko Konvesional: Pembayaran ke toko dapat menggunakan cara tunai atau menggunakan fasilitas EDC dari bank untuk menerima pembayaran menggunakan ATM atau kartu kredit
Toko Online: Pembayaran yang diterima toko online pada umumnya adalah transfer bank atau setoran tunai melalui bank. Pembayaran menggunakan kartu kredit agak sulit karenapemilik toko harus melalui verifikasi bank dan pemilik toko online harus dapat menghubungkan tokonya dengan bank secara online.

Kepercayaan pelanggan
Toko Konvensional: Pembeli bertemu langsung dengan penjual dan melihat produk secara langsung sehingga kepercayaan pembeli pasti lebih tinggi.
Toko Online: Pembeli cenderung tidak percaya dengan toko online karena banyak kasus penipuan yang beredar di internet. Anda harus bisa meyakinkan pembeli untuk percaya dengan toko Anda.

Mana yang lebih baik? Anda lebih suka dengan konsep toko konvensional atau toko online? Atau Anda memilih untuk menjalankan keduanya? Semua keputusan ada di tangan Anda. Selamat berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *