Sekarang ini kita sering mendengar produk google yang difungsikan untuk periklanan yang bernama Google Adwords Dan Google Adsense. Hingga saat ini masih banyak yang tidak bisa membedakan antara Google Adwords Dan Google Adsense. Kedua layanan ini berhubungan dengan sistem periklanan Google namun terdapat perbedaan besar di antara dua layanan ini. Mari kita simak lebih lanjut tentang perbedaan Google Adwords dan Google Adsense:

Google Adwords Melayani Pemasangan Iklan Oleh Masyarakat

Google Adwords merupakan rantai awal dari jaringan periklanan Google. Google menerima pemasangan iklan melalui layanan Google Adwords. Semua iklan yang diterima oleh Google akan disebarkan di dalam jaringan periklanan. Format iklan yang diterima oleh Google Adwords dapat berupa gambar, animasi dan video. Selain format iklan, Google juga menyediakan beberapa jenis ukuran iklan yang dapat digunakan. Format dan ukuran gambar yang dikirimkan tentunya harus memenuhi standar yang telah ditetapkan pada Google Adwords.

Google Adwords tidak hanya menerima iklan dari pihak ketiga namun Google Adwords juga menyediakan berbagai fasilitas dan pengaturan yang memberikan kenyamanan pihak pemasang iklan. Google memberikan fasilitas pencarian kata kunci informasi yang akan menampilkan iklan. Pemasang iklan awam akan cukup terbantu oleh beberapa kata kunci yang direkomendasikan, hal ini tentunya mempermudah pemasang iklan untuk menemukan kata kunci yang cocok untuk iklan mereka. Berbagai fasilitas pengaturan mengenai cara penerbitan iklan kepada target market, seperti: negara, wilayah, waktu hingga perangkat pengguna. Google juga tidak lupa mengikutsertakan pengaturan untuk membatasi jumlah anggaran biaya iklan perhari, hal ini tentunya sangat penting untuk menjaga agar biaya penerbitan iklan tidak melebihi anggaran.

Kini pemasangan iklan semakin ramai dan semakin bersaing. Pemasang iklan bebas menentukan biaya iklan yang akan dibayarkan pada suatu kata kunci. Namun, pemasang iklan yang paling berani membayar mahal akan mendapatkan prioritas tertinggi dalam penerbitan iklan. Pemasang iklan yang mengatur biaya iklan terlalu kecil pada suatu kata kunci mungkin saja tidak mendapatkan jatah penerbitan iklan. Hal ini membuat persaingan biaya iklan untuk setiap kata kunci penerbitkan iklan.

Google Adsense Menyebarkan Iklan Untuk Diterbitkan

Google Adsense dapat dikatakan rantai akhir dari jaringan periklanan Google. Iklan yang diterima oleh Google Adwords tentunya harus diterbitkan. Oleh karena itu, Google mendistribusikan iklan yang diterima melalui Google Adsense untuk diterbitkan. Situs pihak ketiga yang telah tergabung ke dalam Google Adsense akan menerbitkan iklan tersebut. Pihak penerbit iklan tentunya akan mendapatkan pembagian hasil dari nilai iklan yang diterbitkan.

Google memberikan kesempatan kepada pemilik situs untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menerbitkan iklan menggunakan layanan Google Adsense. Kini Google Adsense menjadi salah satu penghasilan terbesar untuk para bloggers. Hal ini juga memicu banyak orang yang ingin berprofesi menjadi blogger dan mencari penghasilan melalui layanan Google Adsense.

Google membuka pintu lebar untuk pemilik situs yang memuat banyak informasi. Namun, Google juga memberikan syarat dan ketentuan terhadap isi dari situs mereka. Isi situs mereka harus mengandung konten original atau asli karya sendiri dan tidak melanggar hukum. Persyaratan Google yang satu ini cukup ketat karena bila pemilik situs melanggar persyaratan tersebut Google tidak akan mengijinkan pemasangan iklan pada situs mereka. Hal ini membuat banyak pemilik situs gagal mengajukan situs mereka untuk menggunakan layanan Google Adsense karena isi situs calon peserta banyak yang berasal dari hasil jiplak alias copy dan paste.

Banyak blogger juga yang berhasil menjadikan penerbitan iklan Google Adsense sebagai sebuah bisnis. Mereka berhasil mendapatkan penghasilan dari usaha menerbitkan iklan yang jumlahnya sangat menakjubkan. Hal ini tentunya bukan seperti membalikkan telapak tangan, mereka telah berusaha dengan semaksimal mungkin agar situs mereka menjadi ramai dan berhasil menerbitkan iklan hingga jutaan kali dalam sehari.

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Banyak orang yang hingga saat ini masih salah mengartikan mengenai Google Adwords dan Google Adsense. Kedua layanan ini merupakan layanan periklanan dari Google namun kedua layanan ini mempunyai fungsi yang sangat berbeda. Google Adwords difungsikan untuk menerima iklan dari pemasang iklan. Sedangkan, Google Adsense merupakan layanan untuk menyebarkan iklan ke situs pihak ketiga.