Uban atau rambut yang memutih dan umumnya muncul di usia 50 tahun ke atas. Apabila rambut yang memutih telah muncul pada usia muda, hal ini merupakan tanda di dalam tubuh ada yang tidak berfungsi normal. Namun, ada juga sebagian besar orang yang menghubungkan masalah stress atau banyak pikiran sebagai penyebab uban di usia muda. Mengapa uban bisa muncul di usia muda dan apa yang menyebabkan uban tumbuh lebih awal? Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai uban dan penyebab uban tumbuh di usia muda.

Penyebab uban di usia muda

Pada saat seseorang mengalami stres, stress akan mengakibatkan macetnya produksi melanin. Uban atau helaian rambut yang memutih dapat terjadi dikarenakan folikel rambut yang memproduksi melanin berkurang. Melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna pada rambut. Melanin sendiri dihasilkan oleh sel melanosit. Ketika melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup banyak maka rambut akan berubah warna menjadi putih(uban). Uban juga secara umum muncul pada etnis jenis tertentu. Etnis Kaukasian akan lebih cepat memiliki uban dibanding etnis Asia, etnis Afrika dan etnis Amerika.

Uban terjadi akibat kondisi di dalam tubuh

Uban yang banyak muncul pada usia muda dapat disebabkan beberapa faktor, di antaranya: banyak pikiran(stress), kurang tidur, kurang nutrisi dan lain sebagainya. Stress membuat sel rambut mengalami penuaan lebih awal sehingga dapat menimbulkan munculnya uban. Kebiasaan suka bergadang membuat rambut tidak dapat beregenerasi dengan optimal di malam hari karena waktu tidur menjadi berkurang. Uban di usia muda juga dapat disebabkan oleh mal nutrisi karena diet yang berlebihan. Rambut menjadi kekurangan nutrisi dan uban akan banyak tumbuh di rambut pada usia muda.

Uban muncul di usia muda juga dapat disebabkan oleh lingkungan, polusi udara, sering terkena sinar matahari, keturunan, penyakit lambung atau lain sebagainya. Orang yang sering merokok, lebih beresiko memiliki uban lebih awal sebelum waktunya. Orang yang mempunyai penyakit lambung beresiko memiliki uban lebih awal karena luka pada lambung akan mengakibatkan gizi terbuang dan mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Uban pertanda jenis penyakit tertentu

Pada kasus yang jarang terjadi, uban dapat menjadi pertanda dari suatu jenis penyakit tertentu. Penyakit yang timbul dengan gejala rambut memutih, di antaranya: anemia pernisiosa (tubuh kesulitan dalam menyerap vitamin B12), vitiligo(kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi) dan kelenjar tiroid.

Penyakit berat yang diderita pada saat remaja menyebabkan timbulnya uban di kepala. Masalah gangguan pencernaan, gangguan fungsi ginjal, ketahanan tubuh melemah, kelainan hormon dan paparan sinar X menyumbang tumbuhnya uban di usia muda.

Uban dapat dicegah dengan menjaga keseimbangan antara aktifitas dan istirahat. Kita perlu mengatasi stress, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 dan selalu berpikir positif agar uban tidak tumbuh di usia muda.