Penyebab Penjual Online Yang Lebih Murah Tidak Laku - Alasannya - Photo Credit Sjoerd Wijn

Penyebab Penjual Online Yang Lebih Murah Tidak Laku – Alasannya

Terkadang kita menjumpai hal-hal aneh di toko online. Kita melihat beberapa barang yang dijual dengan harga yang relatif murah tapi toko tersebut ternyata tidak mampu menjual barang mereka. Hal ini tentunya membuat kita merasa aneh dan mempertanyakan apa yang membuat barang mereka tidak laku. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh hal-hal yang dilakukan penjual secara tidak sadar. Berikut ini adalah penyebab penjual online yang lebih murah tidak laku – alasannya…

Penyebab Penjual Online Yang Lebih Murah Tidak Laku – Alasannya

Banyak di antara penjual online yang hanya tahu cara memasukkan barang jualan ke dalam toko online atau lapak di marketplace. Namun, memasukkan barang dagangan tidak cukup untuk menjual barang mereka. Mereka sering tidak memperhatikan hal-hal yang mungkin membuat barang dagangan mereka menjadi tidak laku alias tidak terjual. Bila diteliti, banyak penjual gagal menjual barang mereka karena mereka melakukan hal-hal berikut ini:

Penjual tidak merespon pertanyaan penjual

Pembeli tidak hanya datang ke toko online dan kemudian membelinya. Mereka mungkin saja mempertanyakan hal-hal yang tidak terlihat pada gambar atau hal-hal di luar produk tersebut. Mereka akan mempertanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui sebelum mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk. Mereka mungkin saja ingin mengetahui bonus yang didapatkan, cara pengiriman, cara pembayaran, layanan purna jual dan lain sebagainya. Mereka akan memanfaatkan media komunikasi yang tersedia, seperti: kotak chat, pesan pribadi, email dan lain sebagainya. Namun, dalam hal ini, banyak penjual yang lalai dan tidak memperhatikan pesan yang masuk. Akhirnya, pembeli menjadi kecewa karena pertanyaan mereka tidak dijawab. Hal ini tentunya membuat pembeli membatalkan niat untuk berbelanja.

Penjelasan tidak lengkap

Penjelasan produk merupakan hal penting dalam hal menjual sebuah produk. Banyak penjual menganggap pembeli sudah mengetahui produk yang akan mereka beli. Mereka tidak memasukkan penjelasan produk yang lengkap bersama produk mereka.

Banyak juga pembeli yang tidak ingin bertanya kepada penjual tentang spesifikasi atau keadaan produk. Mereka cenderung memilih barang yang disertai dengan penjelasan lengkap. Akhirnya, pembeli akan meninggalkan toko online tersebut dan mencari toko online lain yang menyediakan penjelasan lengkap.

Harga terlalu murah

Konsumen biasanya sudah melakukan cek harga di pasaran maupun secara online. Mereka akan mengetahui harga pasaran suatu produk yang mereka ingin beli. Bila ternyata ada penjual yang menjual barang di bawah pasaran, mereka akan berprasangka buruk terhadap produk tersebut. Mereka mungkin saja berpikir bahwa produk tersebut adalah barang seken, barang yang tidak lengkap kelengkapannya, barang yang tanggal kadaluarsanya sudah dekat bahkan mereka berpikir bahwa penjual tersebut adalah penipu.

Gambar dan penjelasan copas dari toko tetangga

Sebelum seorang konsumen memutuskan untuk membeli barang, mereka akan mencari barang sesuai dengan kriteria mereka. Mereka akan banyak membaca dan membandingkan antar penjual. Banyak di antara penjual yang menggunakan gambar produk dan penjelasan milik toko tetangga. Tanpa sadar mereka juga memasukkan iklan dari toko tetangga.

Pembeli tentunya melihat gambar dan membaca penjelasan untuk membandingkan penawaran antar toko. Mereka akan memutuskan untuk membeli di toko yang paling bisa dipercaya dan toko yang memiliki barang sesuai dengan penjelasan. Mereka tentunya akan membeli di toko yang menuliskan penjelasan tersebut.

Pembeli tidak hanya membandingkan harga, mereka juga mencari toko yang memiliki jati diri yang jelas. Mereka cenderung meninggalkan toko yang tidak memiliki penjelasan yang menunjukkan jati diri atau ciri khas mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *