Pada saat seseorang mengalami sakit, seperti batuk, flu atau lain sebagainya, seseorang cenderung mengalami malas untuk makan atau tidak memiliki nafsu makan. Padahal di saat sedang sakit, tubuh memerlukan makanan untuk mengembalikan kondisi tubuh dan menangkal virus atau penyakit yang menyerang. Seseorang pada saat mengalami sakit sering menolak untuk makan dengan alasan tidak berselera atau malas makan karena rasa pahit pada saat menyantap makanan tersebut.

Pada saat seseorang sakit, terdapat beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh. Perubahan ini terjadi dikarenakan tubuh memproduksi hormon Sitokin yang dapat menyebabkan nafsu makan seseorang menjadi turun. Energi tubuh pada saat mengalami sakit akan mengalami penurunan, sehingga timbul perasaaan malas untuk makan yang memerlukan energi untuk mengunyah dan proses pencernaan makanan juga ikut menyerap energi tubuh. Pada saat sakit, tubuh menjadi lemah karena proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan tidak optimal serta energi yang dihasilkan dari penyerapan makanan juga menjadi berkurang.

Jumlah hormon sitokin yang semakin banyak dan kekurangan energi pada tubuh merupakan penyebab malas makan yang dialami manusia ketika sakit. Hal itulah yang membuat tubuh seseorang menjadi semakin lemah karena tubuh tidak memiliki energi yang cukup dari asupan makanan akibat kinerja pencernaan yang menurun dan jumlah makanan yang dicerna juga tidak cukup. Kondisi tubuh seseorang yang lemah yang akan mengakibatkan seseorang menjadi malas makan. Kedua hal ini semakin membuat kondisi tubuh semakin lemah. Orang sakit harus melawan rasa malas makannya agar tubuh mendapatkan energi yang lebih banyak untuk memulihkan kondisi tubuh.

Keadaan tubuh yang lemah dan asupan makanan yang kurang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Seseorang akan mudah terserang penyakit lain. Anda disarankan tetap makan dengan porsi yang cukup pada saat mengalami sakit karena asupan makanan yang kurang akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Anda disarankan untuk memilih jenis makanan yang mudah dicerna, seperti: sayuran, buah atau gandum yang memiliki rasa alami dan tidak memerlukan penambah rasa buatan. Kandungan vitamin dari sayur, buah dan karbohidrat baik dari gandum akan memberi energi agar Anda tetap bertenaga di saat sedang sakit. Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak atau berminyak karena makan tersebut dapat mengganggu proses pencernaan. Bila Anda mengalami kesulitan untuk makan sesuai porsi Anda, Anda bisa mengurangi porsi Anda pada saat makan tapi Anda harus lebih sering makan dibanding sebelumnya. Anda juga disarankan untuk cukup beristirahat, minum vitamin dan makan makanan yang bergizi agar kesehatan Anda cepat pulih kembali.