Kecepatan internet melambat memang menjadi kendala pada saat ingin digunakan. Internet sering tidak memberikan respon yang baik ketika digunakan. Kecepatan internet menurun pasti membuat kita merasa loading halaman website lambat, cek email menjadi lambat, pengiriman foto menjadi lambat, kenyamanan bermain game menjadi terganggu dan lain sebagainya. Sebelum kita dapat memperbaiki kecepatan internet, kita harus mencari tahu penyebab internet menjadi lambat pada perangkat Android.

penyebab internet menjadi lambat pada perangkat Android

Kecepatan internet pada perangkat dipengaruhi oleh banyak faktor. Ada faktor yang berasal dari luar perangkat dan ada juga faktor yang memang berasal dari dalam perangkat. Mari kita pelajari faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan internet pada perangkat Android kita.

Masalah jaringan provider setempat

Provider tidak dapat menjamin kualitas layanan setiap saat. Walaupun, provider dapat mempertahankan kualitas layanan yang stabil dalam jangka waktu yang panjang tapi hal ini tidak menjamin jaringan tidak akan mengalami masalah sewaktu-waktu. Terkadang pihak provider juga mengalami masalah dalam memberikan layanan. Bila koneksi internet mengalami masalah karena hal ini, kita sebagai pengguna tidak dapat berbuat banyak selain menunggu perbaikan dari pihak terkait.

Kualitas sinyal jaringan pada lokasi kita mengakses internet

Sinyal yang diterima pada perangkat kita bisa saja bermasalah. Bila terjadi masalah pada perangkat kita sebaiknya kita mencari solusi pada perangkat kita. Anda bisa coba mempelajari
Cara memperkuat sinyal pada perangkat Android.

Kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat Anda bisa saja terganggu oleh perangkat elektronik lain. Anda bisa mencoba berpindah tempat untuk mengakses internet. Ruangan yang tertutup juga berpengaruh pada kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat Anda. Anda bisa mencari lokasi lain untuk mendapatkan sinyal dengan kualitas lebih baik.

Jumlah RAM pada perangkat menipis memperlambat proses respon data internet

Banyak orang tidak memperhatikan jumlah RAM yang tersedia di dalam perangkat mereka. Mereka biasanya terus menambahkan aplikasi ke dalam perangkat sehingga semua aplikasi yang berjalan di belakang layar membuat ketersediaan RAM menjadi menipis. Jumlah RAM yang menipis membuat proses pada aplikasi menjadi lambat. Hal ini juga akan memperlambat perangkat Anda merespon data yang diterima dari jaringan internet. Cobalah bersihkan RAM dari aplikasi yang tidak digunakan.

Banyak aplikasi yang bekerja di belakang layar

Aplikasi yang bekerja di belakang layar tidak hanya menempati ruangan RAM. Bila jumlah RAM pada perangkat Anda cukup banyak, aplikasi yang bekerja di belakang layar mungkin saja menggunakan koneksi internet Anda untuk memperbarui data dan mengirimkan iklan ke perangkat Anda. Hal ini tentu saja membuat bandwidth internet Anda terkuras dan Anda akan merasa internet Anda menjadi lambat.

Kesalahan pada pengaturan jaringan

Kesalahan pengaturan jaringan dapat membuat internet Anda melambat. Bila Anda menggunakan jaringan 3G atau 4G tapi Anda secara tidak sengaja mengatur pemilihan mode Jaringan Anda menjadi EDGE atau GPRS. Hal ini akan membuat kecepatan internet Anda tidak optimal. Coba lakukan pengaturan ulang untuk pemilihan mode jaringan. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pihak provider atau pihak yang berpengalaman dalam mengatur hal-hal teknis di dalam pengaturan jaringan.

Terdapat virus atau malware pada perangkat

Virus atau malware bisa saja tertanam di dalam perangkat tanpa sepengetahuan pemilik perangkat. Program dari pihak tidak bertanggung jawab ini berkemungkinan melakukan aktifitas menggunakan jaringan internet. Aktifitas melalui jaringan internet bisa saja dilakukan dalam jumlah besar sehingga mengganggu aktifitas Anda yang menggunakan internet. Anda sebaiknya menginstal aplikasi antivirus yang sudah terkenal, seperti avast, norton, avg dan lain sebagainya. Antivirus akan membasmi semua virus yang dikenali dan membuang semua sampah yang terkait dengan virus yang bersarang di dalam perangkat Anda. Aplikasi antivirus juga harus sering diperbarui agar virus baru dapat dikenali dan segera dihapus.