Kita semua pernah mengalami saat di mana kita merasa sehat dan dapat melakukan aktifitas setiap hari. Tapi entah mengapa, meskipun kita merasa sehat tapi kok gampang capek ya? Ternyata banyak penyebab badan sehat tapi mudah lelah. Hal ini yang membuat kita merasa demikian tanpa kita menyadarinya.

Penyebab badan sehat tapi mudah lelah

Kita pasti bertanya-tanya dalam hati mengapa kita gampang capek padahal badan merasa sehat. Pada dasarnya, badan akan mudah merasa lelah atau capek yang disebabkan oleh pola makan dan kebiasaan makan kita sendiri. Apabila kita sering melakukan beberapa hal seperti di bawah ini, bisa jadi inilah penyebab kita gampang merasa capek meskipun kita merasa sehat.

Menahan amarah yang tidak tersalurkan

Pernahkan Anda menahan amarah dan tidak bisa menyampaikannya secara langsung? Hal ini dapat menimbulkan rasa tegang pada leher dan bahu. Pada saat kita menahan amarah, badan akan terasa tegang dan tidak nyaman. Hal ini bisa menyebabkan kita mudah capek meskipun kita merasa sehat.

Konsumsi kafein yang berlebihan

Kopi dipercaya dapat membuat kita menjadi terjaga. Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat kita terjaga dan betah bekerja lama. Tetapi di sisi lain, mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kita cepat mengalami kelelahan. Setelah kita mengkonsumsi kafein badan akan terasa segar padahal tubuh kita tetap dalam kondisi kelelahan.

Keseringan membungkuk saat bekerja

Keseringan membungkuk ketika kita sedang bekerja dapat mengakibatkan otot menjadi kaku dan tegang. Apalagi orang yang sering bekerja di komputer, mereka perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk meregangkan badan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari otot menjadi kaku. Otot yang kaku dapat membuat kita cepat merasa lelah atau capek.

Tidak sarapan pagi sebelum bekerja

Bagi pekerja, saat di pagi hari merupakan saat yang sibuk. Hal ini membuat mereka tidak sempat menyiapkan sarapan pagi atau bahkan melewatkan sarapan pagi. Padahal, dengan sarapan pagi badan kita akan lebih berenergi dan sehat. Melewatkan sarapan pagi dapat mengakibatkan kurang konsentrasi dalam bekerja dan cepat capek.

Bernafas dengan cepat dan pendek

Nafas merupakan sumber oksigen untuk badan kita. Oksigen berfungsi sebagai bahan bakar untuk mengubah kalori tubuh sebagai energi untuk tubuh kita. Pada suatu kondisi bila kita sering menarik nafas pendek dan cepat, tubuh kita akan mengeluarkan energi yang cukup banyak tapi jumlah udara yang masuk ke paru-paru tidak cukup banyak. Hal ini mengakibatkan jumlah oksigen yang dapat diserap oleh paru-paru menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, hindari menarik nafas dengan cepat dan pendek karena hal ini akan membuat badan jadi cepat lelah. Tarikan nafas pendek tidak membantu kita memperoleh oksigen yang cukup. Kita perlu menarik nafas panjang agar oksigen dapat diserap dengan sempurna di dalam rongga paru-paru.