Kemajuan teknologi saat ini membuat kita sebagai pengguna komputer semakin manja. Kini komputer dapat dijalankan menggunakan perangkat lain selain papan ketik yang lebih akrab dipanggil keyboard. Kehadiran teknologi baru, seperti: mouse, remote control hingga touch screen terkadang membuat manusia seakan-akan tidak memerlukan keyboard untuk menjalankan komputer. Namun, penguasaan keyboard masih sangat penting dibanding menggunakan perangkat lain, seperti: mouse atau layar sentuh. Mari kita lihat lebih lanjut, pentingnya menguasai keyboard dalam penggunaan komputer.

Pentingnya menguasai keyboard dalam penggunaan komputer

Komputer sebagian besar digunakan untuk ber-entertainment, seperti: mendengarkan musik, nonton film, browsing hingga gaming. Pada saat penggunaan komputer untuk menikmati entertainment kita terkadang melupakan kehadiran keyboard tersebut karena manusia cenderung memilih menggunakan perangkat yang dapat digunakan dengan lebih mudah, seperti: mouse dan layar sentuh.

Sebenarnya, komputer diciptakan untuk dapat melakukan banyak hal di luar entertainment, seperti: membuat laporan, membuat catatan harian, melakukan perhitungan, membuat program atau aplikasi. Semua pekerjaan yang disebutkan tadi dalam beberapa situasi masih dapat dilakukan menggunakan keyboard virtual pada sistem operasi. Namun, penggunaan keyboard virtual atau keyboard on screen membuat kinerja kita menjadi sangat lambat dibandingkan menggunakan perangkat keyboard.

Namun, pada kenyataannya penggunaan mouse, remote control dan layar sentuh tidak selalu dapat melakukan pekerjaan, seperti: mengetik, membuat laporan, membuat e-mail, blogging dan pekerjaan komputer lainnya. Penggunaan keyboard tidak semudah kita menggunakan perangkat mouse atau layar sentuh. Dalam hal menguasai keyboard, kita membutuhkan kebiasaan penggunaan keyboard dengan masa yang cukup panjang. Kita harus membiasakan dan mendisiplinkan jari kita untuk memencet tombol tertentu.

Penggunaan komputer dalam dunia pekerjaan sudah bukan menjadi suatu hal baru. Hampir semua pekerjaan kantor membutuhkan bantuan perangkat komputer sebagai alat bantu. Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk menggunakan keyboard dibandingkan perangkat interface lainnya.

Bila dibandingkan antara kecepatan penggunaan keyboard ternyata kecepatan mengetik antar individu sangat jauh perbedaan kecepatannya. Hal ini tentunya tergantung dari kemampuan menggunakan keyboard. Orang yang tidak terbiasa menggunakan perangkat keyboard hanya dapat mengetik 15-20 kata per menit. Orang rata-rata mempunyai kecepatan antara 30-40 kata per menit. Sedangkan orang yang sudah cukup mahir dalam hal mengetik mampu mencapai kecepatan 70-120 kata per menit. Kecepatan ekstra cepat pada orang-orang tertentu mampu mencapai kecepatan antara 150 hingga 200 kata per menit.

Seberapa cepat kemampuan ketik Anda? Sebaiknya Anda mempunyai kecepatan ketik di atas rata-rata orang biasa. Bila Anda merasa kecepatan ketik Anda masih di bawah kecepatan rata-rata sebaiknya Anda lebih membiasakan diri untuk berlatih menggunakan keyboard. Hal ini akan sangat penting buat Anda yang berkarir di perkantoran karena beberapa perusahaan juga menetapkan kecepatan ketik sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan.