Kata 2G, 3G dan sekarang 4G sering terdengar ketika kita membicarakan perangkat seluler alias handphone. Namun, apa sebenarnya pengertian dari 2G, 3G, 4G itu sendiri?

Pengertian 2G, 3G, 4G pada perangkat seluler

Tentunya seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi angkanya semakin baru pula perangkat tersebut. Huruf G adalah singkatan dari “Generation” yang artinya generasi atau versi. Setiap huruf 2, 3 dan 4 adalah angka yang menunjukkan generasi teknologi yang diusung di dalam perangkat tersebut. Angka ini menunjukkan teknologi komunikasi data yang tertanam di dalam perangkat, semakin tinggi generasi teknologi maka semakin tinggi juga jumlah data yang dapat dikirim dalam satuan waktu yang sama.

Pada beberapa perangkat juga menanamkan lebih dari 1 teknologi di dalamnya. Misalnya perangkat yang 2G dan 3G. Kecepatan transfer data 3G pasti lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan transfer data 2G. Tapi dukungan teknologi 3G dan 2G pada perangkat yang sama akan memungkinkan perangkat tetap dapat terhubung apabila salah satu jaringan tidak terhubung ke dalam jaringan.

Teknologi 1G adalah merupakan teknologi pertama pada dunia seluler

Teknologi 1G merupakan teknologi pertama di dunia untuk perangkat seluler. Teknologi ini jarang dituliskan sebagai 1G karena teknologi ini adalah teknologi pertama dan pada saat itu belum muncul teknologi penerusnya. Kini teknologi telah ditinggalkan karena teknologi ini hanya memungkinkan komunikasi voice dan kecepatan transfer datanya sangat lambat, yakti 14.4 kbps. Teknologi yang digunakan masih berbasis analog sehingga sangat susah untuk mengaplikasikan komunikasi data digital ke dalamnya.

Teknologi 2G adalah merupakan teknologi pertama yang digunakan untuk berkomuniskasi data

Teknologi 2G merupakan perubahan teknologi selular dari analog ke digital. Teknologi ini dapat menghubungkan komunikasi suara manusia dengan lebih jelas. Teknologi ini juga mulai diterapkan untuk mengkomunikasikan data. Namun kecepatan data pada teknologi ini masih sangat lambat yakni 14.4 kbps. Kecepatannya sama dengan teknologi sebelumnya. Komunikasi yang menggunakan teknologi 2G ini berbasiskan waktu koneksi. Hal ini membuat komunikasi data menjadi tidak memungkinkan karena biaya koneksi dihitung berdasarkan periode perangkat terhubung ke dalam jaringan.

Teknologi 2.5G(GPRS) adalah perkembangan teknologi komunikasi data pada teknologi 2G

Teknologi yang diberi nama GPRS(General Packet Radio Service) sebenarnya adalah teknologi yang menjadi basis perkembangan komunikasi data sekarang. Teknologi ini mampu mengirimkan data hingga mencapai kecepatan 64 kbps. Teknologi ini mampu mengirimkan data lebih dari 4x lebih cepat dibandingkan teknologi 2G. GPRS tidak menggunakan basis perhitungan waktu seperti teknologi sebelumnya, teknologi ini menghitung jumlah data yang ditransaksikan di dalam jaringan. Teknologi ini memungkinkan perangkat tetap terhubung ke dalam jaringan walaupun tanpa melakukan komunikasi data. Biaya komunikasi data dihitung dalam jumlah data dan biasanya dihitung dalam satuan kilobyte.

Teknologi 2.75G(EDGE) memungkinkan komunikasi data yang lebih cepat dibandingkan GPRS

Teknologi EDGE(Enhanced Data Rates for GSM Evolution) tidak berbeda jauh dengan GPRS namun teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan jauh lebih tinggi dibandingkan teknologi pendahulunya hingga 6x lebih cepat yakni 384 kbps, namun pada penerapannya kecepatan komunikasi data hanya di angka 153 kbps. Pada jaman itu teknologi EDGE merupakan teknologi yang menyelamatkan hidup orang-orang yang membutuhkan komunikasi data dengan kecepatan tinggi. Namun kejayaan teknologi ini tidak berlangsung lama karena setelah itu tidak lama kemudian muncul teknologi 3G.

Teknologi 3G diterapkan secara luas untuk komunikasi data

Teknologi 3G merupakan teknologi yang ditanamkan secara luas untuk melakukan koneksi internet. Teknologi memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan data di atas 1 mbps hingga 3.1mbps. Namun, pada penggunaannya kecepatan internet masih tidak dapat mencapai batas maksimal.

Teknologi HSDPA meningkatkan kecepatan download pada teknologi 3G

HSDPA(High-Speed Down-link Packet Access) mampu menaikkan kecepatan transfer data pada aliran data down-link(download) hingga mencapai kecepatan 14.4 Mbps.

Teknologi HSUPA meningkatkan kecepatan pengiriman data pada 3G

HSUPA(High-Speed Uplink Packet Access) diperkenalkan oleh nokia untuk menaikkan kecepatan transfer data. Kecepatan uplink(upload) mampu mencapai 5.6 Mbps.

Teknologi 3.5G(HSPA) merupakan teknologi gabungan HSDPA dan HSUPA

Teknologi HSPA(High-Speed Packet Access) yang disebut-sebut sebagai teknologi 3.5G merupakan gabungan antara teknologi HSDPA dan HSUPA. Kecepatan yang dihasilkan oleh gabungan kedua teknologi tersebut ternyata menakjubkan mampu menyentuh angka 168 Mbps.

Teknologi 4G(LTE) menjadi teknologi tercepat yang dikomersialkan

Teknologi 4G atau yang disebut sebagai LTE(Long-Term Evolution) merupakan teknologi tercepat yang dinikmati oleh masyarakat sekarang. Teknologi ini mewajibkan pengguna untuk mengupgrade perangkat untuk dapat menikmatinya. Teknologi 4G dapat memungkinkan transfer data dengan kecepatan 300 Mbps hingga 1 Gbps.

Teknologi 5G adalah teknologi masa depan

Manusia haus akan teknologi dan selalu menemukan sesuatu yang baru untuk masa depan. Mari kita nantikan teknologi 5G yang super cepat.