Notepad++ adalah program editor untuk menuliskan kode pemrograman. Banyak jenis bahasa telah didukung oleh notepad++, mulai dari bahasa c, c++, c#, html, javascript, ruby, python, html, php dan lain sebagainya. Notepad++ diciptakan untuk menggantikan program notepad bawaan Microsoft Windows. Namun demikian, ternyata fitur yang diberikan oleh Notepad++ jauh lebih banyak dibandingkan Notepad.

Notepad++ dirancang khusus untuk penggunaan editing

Fitur syntax highlighting untuk setiap bahasa pemrograman yang didukung membuat proses pembacaan dan penulisan kode menjadi jauh lebih mudah. Syntax highlighting yang disediakan membuat pengguna lebih cepat dalam membaca kode. Pengguna juga dapat menyesuaikan warna tampilan dengan cara mengubah style tampilan.

Fasilitas search dan replace juga disertai dengan berbagai filter sehingga hasil pencarian lebih relevan dan lebih cepat. Fitur pencarian tidak hanya bekerja pada dokumen yang sedang dibuka, proses search dan replace mampu menjangkau seluruh isi folder dan disertai filter jenis dokumen. Pekerjaan jadi jauh lebih mudah dengan hanya melakukan beberapa kali klik.

Notepad++ memudahkan pengguna memanage proyek berbeda

Notepad++ juga memungkinkan pengguna menggunakannya dalam single window maupun multi windows. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk memanage beberapa project berbeda pada waktu yang sama. Hal ini juga dibantu oleh project panel yang telah disediakan. Notepad++ juga menyimpan posisi edit terakhir ketika aplikasi dimatikan. Notepad++ akan membuka kembali pekerjaan sebelumnya dan menunjukkan posisi terakhir proses edit sebelumnya. Pengguna tentunya tidak perlu membuka kembali dokumen yang akan dikerjakan satu demi satu. Pengguna dapat langsung melanjutkan kembali pekerjaan yang ditinggalkan sebelumnya.

Pekerjaan coding lebih mudah dengan cara menyembunyikan kode yang tidak digunakan

Pekerjaan coding juga dipermudah dengan fitur melipat atau menyembunyikan baris kode tertentu yang sedang tidak dikerjakan sehingga layar terlihat lebih bersih. Pengguna juga pasti lebih mudah menemukan kode yang akan dikerjakan sehingga pengguna tidak sibuk untuk melakukan scroll demi mencari kode yang akan dikerjakan.

Tampilan setiap window dapat dipecah menjadi dua panel, antara lain panel kiri dan panel kanan. Editor ini mampu membuat proses edit menjadi jauh lebih mudah ketika membandingkan 2 buah dokumen. Notepad++ juga menyediakan fasilitas compare(pembanding) untuk membandingkan perbedaan dokumen di panel kanan dan dokumen panel kiri.

Notepad++ menggantikan IDE bahasa pemrograman

Fungsi notepad++ yang kini sangat lengkap membuatnya jauh lebih nyaman untuk digunakan. Beberapa programmer menyatakan notepad++ mampu menggantikan fungsi IDE bawaan bahasa pemrograman. Berbagai fungsi dasar telah ditanamkan dan aplikasi ini mampu melakukan auto-completion yang umumnya hanya ditawarkan oleh IDE(integrated development environment) bawaan bahasa pemrograman.

Notepad++ menghemat energi komputer

Pembuat notepad++ merancangnya untuk bekerja dengan lebih cepat dan membutuhkan kinerja komputer yang sangat rendah. Hal ini tentunya tidak akan membebani kemampuan komputer sehingga komputer kita dapat bekerja dengan lebih cepat dan tidak perlu memerlukan daya listrik yang besar untuk menjalankan aplikasi ini.

Notepad++ hadir dalam berbagai bahasa

Pada awalnya notepad++ diterbitkan menggunakan bahasa inggris. Namun kehadiran sistem bahasa notepad++ dalam bentuk XML memungkinkan berbagai pihak menterjemahkan bahasa notepad++ ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Notepad++ kini telah diterjemahkan oleh masyarakat dunia yang mendukung notepad++ sehingga notepad++ dapat digunakan oleh masyarakat dunia yang tidak mengerti bahasa inggris.

Notepad++ gratis dan open source

Siapa pun bisa memperoleh aplikasi ini secara gratis melalui websitenya. Penggunaan software ini dapat digunakan tanpa membayar biaya penggunaan baik untuk kepentingan pribadi maupun komersial. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir karena software ini bersifat open source dan siapa pun bisa membantu mengembangkan software ini.

Notepad++ didukung oleh berbagai plugin pihak ketiga

Berkat keterbukaan source code dan dokumentasi, masyarakat dunia juga turut berkontribusi untuk membuat plugin untuk notepad++. Kehadiran plugin pihak ketiga tentunya membuat aplikasi edit ini menjadi jauh lebih powerful. Pengguna bisa menggabungkan beberapa plugin untuk membantu pekerjaan mereka di atas Notepad++.

Notepad++ hanya berjalan pada sistem operasi windows

Sayangnya, Software berlogo iguana ini ternyata hanya berjalan di atas sistem operasi windows. Pengguna sistem operasi lain tidak dapat menikmati aplikasi ini. Apabila Anda pengguna linux, Anda harus menjalankan Notepad++ menggunakan emulator Wine.

Buat Anda yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai program Notepad++. Silahkan kunjungi website Notepad++. Atau silahkan langsung download notepad++ melalui website.