Setiap perubahan musim atau cuaca, masyarakat banyak terserang penyakit pernapasan, seperti: flu, pilek, batuk kering hingga batuk berdahak. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza yang menular lewat udara. Namun beberapa jenis virus akan menetap di dalam saluran pernapasan manusia dan dalam kondisi tidak aktif. Virus ini akan menjadi aktif ketika kondisi badan manusia melemah atau terjadi perubahan cuaca yang ekstrim. Pada beberapa kasus dan penelitian menemukan bahwa minuman hangat dapat membantu kesembuhan penyakit pernapasan.

Minuman Hangat Dapat Membantu Kesembuhan Penyakit Pernapasan

Berbagai jenis minuman hangat dapat digunakan untuk menekan efek dari penyakit influenza. Minuman hangat yang masuk ke rongga pencernaan akan menyebarkan efek panas ke dalam rongga pernapasan. Efek panas tersebut akan membantu tubuh dalam melawan virus yang menyebabkan penyakit influenza. Tubuh manusia juga akan merespon panas yang masuk ke dalam tubuh, sistem imun tubuh akan bekerja lebih cepat untuk membangun kembali sistem kekebalan tubuh.

Minuman hangat

Minuman hangat yang dibuat harus diminum dalam keadaan masih hangat untuk mendapatkan efek panas tersebut. Minuman hangat tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan terlalu panas karena bisa mengakibatkan kerusakan pada saluran pencernaan.
Oleh karena itu, minuman dapat dipanaskan hingga suhu 80 derajat celcius. Minuman yang dipanaskan hingga mendidih dapat merusak kandungan gizi di dalamnya.

Minuman hangat dapat diminum secara perlahan. Bila minuman terlalu panas, tunggulah sebentar hingga tidak terlalu panas. Minuman hangat dapat dikonsumsi dengan bantuan sendok agar lebih mudah pada saat meminumnya. Minumlah dengan perlahan agar hangatnya minuman dapat meresap ke saluran pernapasan.

Air putih hangat

Air putih hangat adalah salah satu minuman sehat yang mudah dibuat karena tidak memerlukan bahan tambahan selain air putih. Air putih steril seperti air mineral, minuman dalam kemasan dan lain sebagainya dapat dimanfaatkan untuk membuat air putih hangat. Air putih juga akan mencukupi kebutuhan hidrasi di dalam tubuh kita.

Teh atau kopi hangat

Banyak orang memilih teh atau kopi hangat sebagai minuman. Hal ini dikarenakan rasa teh dan kopi lebih enak dibandingkan air putih. Teh dan kopi hangat bisa dimanfaatkan sesekali untuk menghangatkan badan tapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Teh dan kopi diseduh menggunakan air mendidih dan menjadi terlalu panas untuk dikonsumsi langsung. Teh dan kopi harus didinginkan terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi.

Susu Hangat

Susu merupakan sumber gizi bagi tubuh. Susu adalah minuman yang baik untuk menghangatkan badan sekaligus sebagai sumber energi bagi tubuh. Energi yang didapatkan dari susu dapat dimanfaatkan tubuh untuk menghangatkan badan dan melawan sumber penyakit influenza. Sistem kekebalan tubuh akan lebih mudah diperkuat dengan bantuan dari kandungan susu.

Wedang Jahe dan minuman berjahe

Wedang jahe dan minuman berjahe akan sangat membantu tubuh menghangatkan badan. Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan badan sekaligus melegakan pernapasan dan tenggorokan. Jahe juga dapat mencegah saluran pernapasan menghasilkan lendir berlebih yang menghambat saluran pernapasan.

Air kelapa hangat

Air kelapa hangat merupakan salah satu cara pengobatan penyakit pernapasan. Air kelapa memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat berperan aktif melawan virus pernapasan. Setelah melalui beberapa penelitian ternyata orang yang minum air kelapa akan lebih cepat sembuh dari penyakit influenza dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi air kelapa.