Kalau kita sedang haus pasti akan mencari air untuk minum. Mengapa banyak orang mengatakan bahwa minum air laut tidak menghilangkan haus?

Jawaban kebanyakan orang adalah air laut rasanya asin jadi tidak menghilangkan haus. Ada juga yang menyatakan kalau minum air laut bisa mengakibatkan mencret. Memang secara fakta setelah minum air laut, kita akan merasakan haus berlebih, sering buang air kecil bahkan sakit perut disertai BAB cair(mencret). Mengapa demikian?

Fakta minum air laut

Mari kita teliti lebih lanjut, air laut terasa asin dibandingkan air minum biasa. Rasa asin air laut diakibatkan dari garam yang terkandung di dalamnya. Jadi itulah yang menjadi perbedaan antara air laut dan air tawar. Perbedaannya berada pada kandungan mineral garam pada air laut sangat banyak dibandingkan kandungan mineral garam pada air minum biasa.

Kandungan garam pada cairan tubuh manusia

Cairan di dalam tubuh kita juga mengandung garam, tapi jumlah garam yang terlarut di dalam tubuh kita adalah 0.9%. Tubuh kita akan selalu menjaga kandungan garam pada cairan tubuh di sekitar 0.9%. Bila cairan tubuh kita akan mengalami kelebihan garam, tubuh kita akan membuang kandungan garam tersebut secara otomatis melalui cairan tubuh.

Kandungan garam pada air laut

Kandungan garam pada air laut rata-rata di dunia sekitar 3.5%. Kandungan garam pada air laut jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan garam pada cairan tubuh manusia.

Minum Air Laut Tidak Menghilangkan Haus. Mengapa Demikian?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air laut mengandung garam lebih banyak dibandingkan cairan tubuh manusia. Bila kita minum air laut, air laut beserta garamnya akan terserap ke dalam tubuh. Tubuh kita akan kelebihan kandungan garam pada cairan tubuh.

Tubuh kita akan dengan sendirinya menyesuaikan kandungan garam di dalam tubuh. Tubuh kita akan membuang garam bersama cairan tubuh kita. Jumlah garam yang dapat di buang melalui ginjal adalah sesuai dengan jumlah cairan. Ginjal hanya dapat memproduksi cairan yang akan dibuang dengan kandungan garam sebanyak 0.9%.

Bila kita minum 1 gelas air laut dengan 3.5% kandungan garam. Tubuh kita akan membuang cairan tubuh sebanyak 4 gelas untuk menurunkan jumlah garam di dalam tubuh. Tapi tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan oleh karena itu kita akan merasa tambah haus.

Bisa dibayangkan bila kita minum 1 gelas air dan buang 4 gelas air, maka cairan tubuh kita akan semakin berkurang. Itulah sebabnya minum air laut tidak menghilangkan rasa haus malah menambah rasa haus.