Kita biasanya lebih memilih minuman dingin ketika kita sedang merasakan haus. Air dingin memang terasa nikmat dan membuat kita menjadi lebih segar. Namun, tahukah Anda bahwa dengan meminum air dingin akan membuat kita menjadi ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi. Apalagi bila kita senang meminum air dingin kemasan yang mengandung kalori tinggi yang dapat membuat gula darah kita menjadi meningkat. Ternyata ada banyak alasan lain yang mendukung mengapa minum air hangat lebih baik dari air dingin.

Minum air hangat lebih baik dari air dingin

Berdasarkan penelitian, minum air hangat ternyata lebih baik daripada air dingin. Air hangat dapat membuat badan kita menjadi berkeringat. Dengan berkeringat tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi tubuh dengan lancar. Selain itu, air hangat juga bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah, membersihkan pori-pori tubuh, mencegah diabetes, menjaga suhu tubuh tetap stabil dan seimbang, menghangatkan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, menjauhkan infeksi dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan minum air hangat lebih baik dari air dingin.

Air hangat dapat membantu menurunkan berat badan

Air hangat membantu dalam menurunkan berat badan. Air hangat dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh yang membantu proses penurunan berat badan. Air hangat akan lebih baik bila dicampur dengan perasan air lemon di pagi hari. Sistem pencernaan kita akan menjadi lancar dan sehat. Para ahli kesehatan menyarankan untuk rutin mengkonsumsi air hangat sebelum dan sesudah makan untuk membantu proses penurunan berat badan.

Air hangat dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Air hangat berkhasiat untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita. Ketika kita meminum air hangat, suhu tubuh akan meningkat dan pada saat itu juga proses detoksifikasi pada tubuh akan lebih lancar. Racun akan disekresikan dan larut dalam bentuk urine untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Air hangat mencegah penuaan dini dan mencegah jerawat

Air hangat dapat digunakan untuk membantu mencegah penuaan dini dan mencegah timbulnya jerawat di wajah maupun di badan. Konsumsi air hangat membuat kulit terhidrasi dan mengeluarkan keringat. Kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi kemungkinan terjadinya keriput di wajah. Pori-pori kulit akan menjadi lebih bersih dengan adanya keringat yang keluar melalui pori-pori dan membuat kulit lebih bebas bernafas. Kemungkinan terjadinya jerawat menjadi menurun.

Selain itu rutin mengkonsumsi air hangat akan dapat membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat sehingga mencegah penuaan dini. Air hangat dapat memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elasitas kulit. Hal ini juga akan membuat kulit kita tetap halus dan tidak cepat menua.

Air hangat membantu melancarkan BAB(buang air besar)

Air hangat akan membantu melancarkan BAB yang tidak lancar. Dengan rutin meminum segelas air hangat setiap pagi, kotoran akan lebih mudah bergerak di dalam tubuh. Hasil akhirnya, BAB akan menjadi lebih lancar.

Air hangat melancarkan sirkulasi darah

Air hangat akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan rutin meminum air hangat setiap hari, sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Kita akan terhindar dari kemungkinan sakit kepala, rematik, kram dan lain sebagainya. Peredaran darah yang lebih lancar juga akan menstabilkan tekanan darah.

Air hangat membuat rambut lebih sehat

Air hangat dapat membuat rambut kita menjadi lebih sehat. Air hangat akan membuat akar-akar rambut menjadi lebih aktif dan dapat mengembalikan vitalitas rambut kita. Air hangat juga memiliki manfaat dalam mencegah ketombe dan membantu pertumbuhan rambut. Dengan rutin minum air hangat, rambut akan terlihat halus dan bercahaya.

Air hangat membantu meredakan nyeri akibat menstruasi

Wanita yang sedang menstruasi dapat meminum air hangat untuk membantu meredakan nyeri kram perut karena menstruasi. Rasa nyeri kram perut bisa hilang dengan sendirinya dengan mengkonsumsi air hangat.