Kita pasti sering menjumpai teman yang banyak makan tetapi badannya tetap kurus. Koq bisa ya…? banyak makan tetapi tetap kurus? Pertanyaan ini dapat muncul di benak kita tanpa kita tahu apa jawabannya. Kita bisa saja sudah melakukan diet ketat namun berat badan kita sulit turun. Berikut ini kami akan membahas sedikit mengenai mengapa ada orang yang banyak makan tetapi badan tetap kurus.

Mengapa ada orang yang banyak makan tetapi badan tetap kurus?

Kita mungkin tidak tahu apa yang menyebabkan teman kita tersebut tetap berbadan kurus meskipun makan dalam porsi banyak. Kita juga tidak tahu apakah dia juga ternyata menjalani diet tertentu atau rutin berolahraga sehingga berat badannya lebih cepat turun dibandingkan diri kita. Faktor yang menyebabkan orang yang banyak makan tetapi badan tetap kurus, ini bisa jadi penyebabnya?

Faktor genetik menyebabkan orang yang banyak makan sulit gemuk

Orang yang banyak makan tetapi berbadan kurus dapat disebabkan oleh faktor genetik. Mereka dapat digolongkan sebagai golongan ektomorf yaitu golongan yang sulit gemuk meskipun banyak makan. Orang pada golongan ini memiliki genetik yang tidak mudah menyimpan lemak ke dalam jaringan tubuh. Oleh karena itu, tubuh orang golongan ini akan terlihat langsing dan kecil walaupun mereka makan banyak.

Orang pada golongan ini justru harus menambah asupan kalori dengan banyak mengkonsumsi ikan, telur dan daging. Mereka juga harus berolahraga teratur dan olahraga berat agar merangsang perkembangan volume otot.

Metabolisme tubuh yang cepat menyebabkan orang yang banyak makan sulit gemuk

Orang yang memiliki metabolisme tubuh yang cepat dalam membakar lemak akan tetap bertubuh kurus meskipun banyak makan. Metabolisme tubuh yang cepat akan mengubah makanan menjadi energi dan tidak menyimpannya menjadi lemak tubuh. Hal ini yang menjadi penyebab orang yang banyak makan tetap kurus.

Banyak bekerja fisik membuat orang yang banyak makan tetap kurus

Banyak bergerak dapat membakar kalori dengan efektif. Semakin banyak kita menggerakkan fisik, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Hal ini menjelaskan mengapa orang yang banyak makan namun tetap kurus.

Gangguan makan dapat membuat orang yang banyak makan tetap kurus

Ada sebagian besar orang yang banyak makan namun tetap kurus. Mereka ternyata memiliki gangguan makan(bulimia). Bulimia adalah kelainan pola makan yang kerap dialami oleh wanita. Mereka biasanya banyak makan namun kemudian memuntahkan semua makanan yang mereka makan agar tetap kurus.

Diet dapat membuat orang yang banyak makan tetap kurus

Orang yang banyak makan dapat tetap kurus apabila mereka menjalankan diet. Mereka bisa saja banyak makan tetapi mereka juga mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan sebelumnya. Sayuran dan buah-buahan banyak mengandung serat yang dapat mengikat lemak pada makanan sehingga lemat tidak terserap oleh tubuh.