Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan seseorang untuk membersihkan tubuhnya. Tidak hanya mandi dengan air hangat tapi mandi dengan air dingin pun dapat menjadi pilihan. Mandi tak sekedar membersihkan tubuh saja, namun ada manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dari mandi air dingin, seperti: tubuh lebih segar, mood lebih baik dan melancarkan peredaran darah.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas mandi dengan air dingin dibanding dengan air hangat karena air dingin mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Suhu yang dianjurkan untuk mandi dengan air dingin adalah 15 derajat.

Manfaat yang didapatkan dengan mandi dengan air dingin adalah sebagai berikut:
1. Menghilangkan nyeri otot
Mandi air dingin setelah berolahraga dapat meredakan nyeri pada otot. Anda dianjurkan mandi dengan air dingin menggunakan shower agar dapat langsung diarahkan ke daerah yang terasa nyeri setelah berolahraga selama 5 menit. Aliran air dingin yang mengenai langsung daerah yang mengalami nyeri otot akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga rasa sakit reda dan berangsur sembuh.

2. Menyegarkan tubuh dan pikiran
Manfaat lain yang dapat kita dapatkan dari mandi air dingin adalah dapat menyegarkan tubuh dan pikiran kita. Anda akan menjadi lebih siap untuk memulai aktivitas dan bersemangat.

3. Baik untuk kulit
Rutin mandi dengan air dingin akan memiliki dampak baik untuk kulit. Kulit akan menjadi lebih bercahaya dan kencang. Mandi dengan air dingin akan membuat pori-pori menjadi mengencang sehingga mengurangi bengkak di daerah mata.

4. Menghilangkan stress
Efek mandi air dingin akan membuat mood seseorang menjadi lebih baik karena terapi dengan menggunakan air dingin akan meningkatkan level beta endorphin dan noradrenalin di dalam otak dan darah sehingga dapat berperan sebagai antidepresan.

5. Malancarkan peredaran darah
Anda disarankan untuk lebih sering mandi dengan air dingin karena dapat melancarkan peredaran darah sehingga menghindarkan Anda dari penyakit, seperti flu atau kanker.

6. Memperbaiki Kekebalan Tubuh
Mandi air dingin akan meningkatkan kinerja sel darah putih yang akan membangun sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Mandi dengan air dingin sangat disarankan karena memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Waktu terbaik untuk mandi air dingin adalah pada saat pagi hari, siang hari dan menjelang sore hari. Anda disarankan tidak mandi air dingin pada malam hari karena dapat mengakibatkan syaraf menyusut dan memiliki dampak buruk bagi tubuh.