Ketika membicarakan air kelapa kita pastinya berpikir es kelapa muda, air kelapa hijau, kelapa kopyor dan lain sebagainya. Selama ini air kelapa hanya digunakan sebagai minuman pelepas dahaga. Kelapa juga sangat mudah ditemukan di pasar maupun di pinggir jalan. Air kelapa menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang percaya bahwa kelapa dapat dimanfaatkan untuk menurunkan panas dalam dan pengganti cairan tubuh yang hilang. Ternyata tidak hanya itu, Air kelapa memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh kita. Mari kita kupas satu demi satu manfaat air kelapa terhadap kesehatan.

Khasiat dan manfaat air kelapa terhadap kesehatan

Air kelapa mengandung sangat banyak gizi untuk tubuh manusia mulai dari kalium, kalsium, mangan, magnesium, fosfor hingga vitamin. Selain itu, air kelapa mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Air kelapa sebagai penurun panas dalam

Air kelapa sudah dikenal sebagai penurun panas dalam. Di kala kita merasa sakit di tenggorokan, sariawan, demam dan gejala panas dalam lainnya, air kelapa dalam membantu kesembuhan. Air kelapa dapat menghidrasi kembali tubuh dengan lebih baik dibandingkan menggunakan produk minuman penyegar.

Air kelapa sebagai penawar racun

Air kelapa dapat membantu tubuh menetrasilir racun yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh yang keracunan oleh makanan, obat-obatan, rokok, teh, kopi serta beberapa jenis bahan kimia dapat dinetralisir menggunakan air kelapa.

Air kelapa menurunkan resiko terkena batu ginjal

Ginjal berfungsi untuk membuang kotoran, racun, garam dan mineral yang berlebih di dalam tubuh manusia. Hal ini membuat ginjal akan menampung semua sampah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sampah yang menumpuk di dalam ginjal bisa saja mengakibatkan batu ginjal. Sampah yang berakumulasi bisa saja mengeras akibat kekurangan cairan atau proses reaksi kimia pada tumpukan sampah itu sendiri sehingga membentuk batu ginjal. Kandungan mineral pada air kelapa dapat mencegah proses pengerasan timbunan sampah sehingga sampah dapat dikeluarkan bersama urin.

Air kelapa memperlancar pencernaan

Air kelapa dapat menghidrasi tubuh dan ternyata proses hidrasi tersebut dapat memperlancar pencernaan. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat mengakibatkan pencernaan menjadi tidak lancar dan kotoran di dalam saluran pencernaan menjadi mengering dan mengeras. Air kelapa yang disertai berbagai jenis kandungan mineral dapat membantu tubuh mensekresikan cairan ke dalam saluran pencernaan dan proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Air kelapa membantu tubuh melawan kolesterol jahat

Tumpukan kolesterol jahat(LDL) di dalam pembuluh darah dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, kolesterol jenuh(LDL) harus dibasmi menggunakan kolesterol tidak jenuh(HDL). Air kelapa membantu penyerapan kolesterol tidak jenuh sehingga dapat melunturkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah.

Air kelapa sebagai sumber kalium untuk tubuh

Beberapa penyakit motorik dapat timbul akibat kekurangan kalium. Orang yang menderita penyakit kekurangan kalium akan lumpuh dan tidak dapat menggerakkan otot tubuh. Beberapa kasus penyakit kekurangan kalium bahkan menyebabkan penderita meninggal dunia. Oleh karena itu, keberadaan kalium di dalam tubuh harus tetap dijaga. Air kelapa dapat menjadi salah satu sumber kalium untuk tubuh.

Air kelapa adalah antibiotik alami

Beberapa penyakit dapat disembuhkan menggunakan air kelapa. Demam dan panas tinggi bisa diturunkan menggunakan air kelapa. Air kelapa mengandung antibiotik yang dapat melawan virus dan bakteri. Beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, contohnya: flu, batuk, cacar, tifus dan herpes dapat disembuhkan menggunakan air kelapa. Walaupun air kelapa mengandung antibiotik, air kelapa tetap aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Air kelapa sebagai minuman kesehatan pengganti eletrolit tubuh

Berbagai larutan penyegar dan minuman isotonik diciptakan untuk mengembalikan cairan, mineral dan ion tubuh yang hilang setelah beraktifitas. Ternyata air kelapa memiliki semua kandungan tersebut dan bahkan lebih baik dari produk-produk ciptaan manusia karena air kelapa memiliki kandungan yang alami dan tidak mempunyai efek samping.

Air kelapa membantu menurunkan berat badan

Tubuh manusia akan menyerap makanan dan jaringan lemak untuk diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan sejumlah mineral dan cairan untuk mendukung proses kerjanya. Air kelapa mampu menyediakan hampir seluruh kebutuhan tersebut untuk mempercepat proses metabolisme. Oleh karena itu, air kelapa sangat dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalani proses diet dan fitness.

Air kelapa merupakan cairan garam isotonik alami

Air kelapa bersifat isotonik sehingga sangat cocok dengan tubuh manusia. Kandungan garam di dalam air kelapa sangat esensial bagi tubuh manusia. Air kelapa beserta kandungan garamnya mampu diserap oleh tubuh dengan sempurna karena sifatnya yang isotonik.

Air kelapa menjadi cairan penyegar wajah

Air kelapa juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Air kelapa mengandung anti oksidan yang mencegah sel kulit dan sel tubuh mengalami penuaan dini. Hal ini akan berpengaruh pada penampilan kulit menjadi terlihat lebih segar dan menurunkan kemungkinan kulit mengalami bintik hitam, keriput, kulit kering, pecah-pecah dan menggelap.