Pola makan seseorang cenderung berubah ketika sedang mengalami stress. Mereka memiliki kemungkinan lebih besar untuk makan lebih sering dan akhirnya mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis. Kenaikan berat badan ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang mengandung serat dan mengandung banyak gula atau karbohidrat.

Seseorang mengalami stress dan memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak dan sering, sebaiknya memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Banyak jenis makanan yang tidak sehat bila dikonsumsi akan menambahkan perasaan stress dan berakibat tidak baik terhadap kesehatan. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung serat dan memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi ketika seseorang sedang mengalami stress tanpa perlu khawatir akan mengalami kenaikan berat badan:

Alpukat
Kandungan gizi dari alpukat memiliki manfaat bagi tubuh, seperti: membantu menghilangkan kerutan, melembabkan kulit, menjaga kesehatan mata, mencegah anemia, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya. Alpukat juga mengandung kalium yang memiliki kegunaan untuk menurunkan tekanan darah dan vitamin B yang membantu mengurangi perasaan stress. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mencegah timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Raspberry
Buah ini kaya dengan kandungan fitonutrien yang dapat membantu mengurangi stress. Kandungan antioksidan yang tinggi dari raspberry dapat mengurangi radikal bebas dan mengurangi keriput sebagai tanda penuaan dini serta membuat kulit terlihat muda dan sehat. Raspberry dapat membantu Anda yang sedang berdiet karena dapat memberikan rasa kenyang yang lama dan kaya serat. Kandungan mangan yang terdapat dalam raspberry berguna dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak tubuh dapat lebih efektif. Serat yang terdapat dalam raspberry memperlambat proses pencernaan makanan sehingga Anda akan merasa perut penuh dan memperlambat rasa lapar.

Gandum
Gandum mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan hormon serotonin yang membantu memberikan rasa senang atau nyaman sehingga dapat mengurangi stress. Gandum sangat baik untuk dikonsumsi oleh setiap orang bahkan pasien diabetes karena rendah kolesterol dan memiliki kandungan serat yang tinggi yang memberi rasa kenyang lebih lama.

Susu coklat rendah lemak
Bila Anda mengalami sulit tidur di malam hari padahal tubuh Anda sudah lelah, Anda dapat mencoba meminum segelas susu coklat rendah lemak. Susu mengandung kalsium yang dapat membantu menenangkan saraf. Susu coklat rendah lemak baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet karena kandungan protein, vitamin dan kalsium yang tidak membuat gemuk. Susu coklat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena dapat mengembalikan energi atau cairan yang hilang dengan lebih cepat.

Konsumsi makanan yang dapat menurunkan stress dan berat badan akan lebih efektif apabila disertai dengan pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Hal ini diupayakan untuk mempertahankan atau mendapatkan berat badan ideal. Di lain sisi, kita juga harus menghindari minuman beralkohol, minuman manis, menghindari rokok dan beristirahat yang cukup agar kesehatan terjaga.