Ketika sedang menjalani diet, seseorang akan mengatur pola makan sesuai aturan diet. Namun program diet tanpa disadari dapat berjalan dengan tidak efektif karena beberapa hal, seperti: salah mengkonsumsi makanan atau salah pengertian terhadap makanan dan pola makan.

Menurut penelitian pakar gizi, “Banyak makanan yang tidak sehat yang masih dikonsumsi oleh pelaku diet. Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa makanan yang mereka konsumsi tersebut tidak sehat. Makanan yang tidak sehat tersebut, seperti: gorengan, soda atau permen. Makanan tidak sehat tersebut akan menggagalkan diet.”

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan atau minuman yang dihindari pada saat seseorang melakukan diet:
1. Soda diet
Anda sebaiknya tidak terkecoh dengan kandungan gula yang lebih rendah dari minuman ini. Anda disarankan tidak mengkonsumsinya secara rutin atau terus menerus karena dapat membuat Anda terlupa dengan makanan yang lain. Minuman ini mengandung bahan yang dipercaya dapat menurunkan berat badan, namun setelah mengkonsumsi soda diet, seseorang dapat mengalami nafsu makan yang bertambah sehingga seseorang akan sulit mempertahankan berat badannya.

2. Smoothies
Smoothies merupakan minuman manis dari bahan buah-buahan alami yang segar dan menyehatkan. Namun, bila seseorang yang sedang menjalankan diet mengkonsumsi smoothies yang ditambahkan gula atau cream, maka akan menggagalkan diet dan sebaliknya akan menambah berat badannya. Smoothies yang dianjurkan untuk pelaku diet adalah smoothies buah-buahan tanpa campuran gula atau cream.

3. Permen
Permen dengan lapis coklat atau susu memang menggoda selera. Namun kandungan gula, coklat atau susu dari permen membuat seseorang mengalami kelonjakan berat badan.

4. Kopi Kental Buatan kedai kopi
Kopi dari kedai kopi ternama memang membawa nikmat namun Anda perlu menyadari bahwa jumlah kalori yang tersimpan dalam secangkir kopi yang ditambah whipped cream atau susu dan gula tersebut dapat membuat tubuh Anda menjadi tambah gemuk. Anda disarankan memilih kopi hitam dengan susu rendah lemak atau madu.

5. Makanan Olahan
Makanan olahan merupakan makanan yang praktis dalam penyajiannya. Anda hanya perlu menggoreng atau menghangatkannya saja dan dapat dijadikan makan siang ataupun bekal ke kantor. Namun para ahli kesehatan menemukan bahwa “makanan olahan mengandung lemak jenuh, pengawet makanan yang tidak baik bagi kesehatan. Makanan olahan yang rutin dikonsumsi dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang kronis, seperti diabetes atau jantung.”

6. Makanan Bebas Lemak
Anda perlu mencermati tabel kalori yang terdapat pada label makanan tersebut. Anda perlu memastikan bahwa produk yang akan Anda beli benar bebas lemak dan tidak menggunakan bahan pengganti lain yang dapat menyebabkan kesehatan Anda terganggu, misalnya pemanis buatan yang juga akan menambah kadar gula dalam tubuh.

Ketika seseorang menjalani diet, mereka perlu mengetahui jenis kandungan dari makanan dan kalorinya. Selain itu mereka juga perlu mengetahui proses memasak yang baik dan tidak mengakibatkan makanan menjadi rusak akibat proses memasak yang salah. Kesalahan pengolahan makanan dapat membuat makanan yang sehat menjadi kurang baik untuk kesehatan, contohnya makanan yang mengalami proses goreng atau mendapat tambahan gula atau susu dan lain sebagainya.