Ternyata hingga saat ini masih banyak kasus, orang lupa dengan pola(pattern) untuk membuka layar smartphone Android mereka. Kunci keamanan yang disertakan untuk menjaga privasi pengguna perangkat Android ini malah membuahkan masalah bagi sebagian orang. Mereka lupa dengan pola yang telah mereka atur sendiri. Hal ini tentunya menjadi suatu masalah besar bagi mereka karena mereka tidak dapat menggunakan perangkatnya hingga mereka berhasil membuka kunci perangkat tersebut. Ternyata ada satu cara yang telah disediakan oleh Android untuk menyelamatkan hidup mereka. Ini dia cara membuka kunci layar android khusus untuk yang lupa dengan pola perangkat android mereka.

Lupa pola android? Ini dia cara membuka Kunci layar android

Banyak orang mendadak menjadi bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika mereka menghadapi perangkat Android mereka yang terkunci. Mereka tidak bisa mengakses perangkat Android mereka. Sebenarnya mereka bisa membukanya sendiri tapi mereka sudah terlanjur pusing dengan kata “lupa”.

Coba terus pola kunci Anda, sampai perangkat memberikan alternatif

Perangkat Android telah dirancang agar ketika seseorang lupa dengan kunci mereka, mereka tetap bisa membuka perangkat. Hanya saja banyak di antara orang-orang yang lupa, mereka asik memikirkan pola yang dilupakan itu. Mereka harus mencoba terus memasukkan pola yang mereka ketahui hingga menemukan batas kesalahan(biasanya 5 kali kesalahan), kemudian perangkat akan menawarkan cara untuk membuka perangkat dengan akun Google mereka. Silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Coba pola secara acak dengan minimal kombinasi 4 titik.

Lupa Pola Android 01A

2. Coba terus pola hingga perangkat mengunci perangkat Anda dalam waktu tertentu, Anda harus menunggu waktu pencucian berlalu sebelum Anda bisa mencoba memasukkan pola baru. Pada saat ini Anda ditawarkan untuk membuka perangkat menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan akun Google. Klik tombol “Forgot password” atau “Lupa sandi”.

Lupa Pola Android 02A

3. Anda harus terkoneksi ke dalam internet, bila belum terkoneksi ke internet Anda harus klik tombol “Open Network” untuk mengaktifkan jaringan internet menggunakan WiFi atau koneksi data seluler Anda.

Lupa Pola Android 03A

4. Setelah internet terhubung, Anda dapat memasukkan email dan password akun Google Anda. Selanjutnya perangkat Anda telah dapat digunakan kembali.

5. Jangan lupa untuk atur ulang pola untuk membuka perangkat Anda.

Ada satu lagi petaka bila Anda lupa email dan password Anda. Hal ini tentunya membuat Anda tidak bisa membuka perangkat Anda. Anda harus menggunakan jalan terakhir yaitu: factory reset. Semua data yang ada di dalam perangkat Anda akan terhapus. Bila Anda ingin melakukan factory reset pada perangkat Android Anda, silahkan kunjungi halaman

Cara Melakukan Factory Reset Pada Perangkat Android