Saya pribadi kali ini mau sharing pengalaman, tentang lampu LED murah. Saya sebelumnya mengkombinasikan penggunaan lampu CFL(Compact Fluorescent Diode) dan LED(Light-emitting Diode) untuk digunakan sebagai lampu penerangan di dalam rumah. Dulu saya sendiri masih memilih untuk menggunakan lampu CFL karena harga lampu LED masih sangat mahal. Pada saat itu saya sempat menggunakan beberapa buah lampu LED pada ruangan yang lebih sering saya gunakan. Kini muncul sangat banyak lampu LED yang menawarkan harga LED yang sangat murah. Hal ini tentu memikat perhatian saya untuk menggunakan lampu LED tersebut. Ternyata lampu LED murah yang saya beli tidak sesuai dengan harapan saya. Lampu LED murah ternyata boros listrik dan tidak terang.

Lampu LED Murah Ternyata Boros Listrik Dan Tidak Terang

Sebelum membeli lampu LED, saya sempat membandingkan spesifikasi lampu LED antara lampu LED mahal dengan lampu LED murah. Ternyata lampu LED 7 watt merek philips mampu memberikan kekuatan cahaya 600lumens sedangkan lampu LED 7 watt murah mampu memberikan kekuatan cahaya 550 lumens. Menurut saya perbedaan kekuatan cahaya sebesar 50 lumens masih dapat ditolerir karena perbedaan harganya antara 1 banding 4. Harga yang sangat murah menurut saya dan sangat worth it untuk dibeli.

Di daerah saya sangat susah memperoleh lampu LED murah di toko terdekat. Oleh karena itu, saya memilih untuk berbelanja online. Saya tidak bisa membandingkan sinar lampunya secara langsung dan saya hanya bisa membandingkan datanya secara online. Saya hanya bisa mencoba kualitas barangnya setelah barang tiba di rumah.

Setelah saya mencoba untuk menyalakan lampu tersebut ternyata sangat redup tidak seperti lampu LED Philips 7 Watt. Setelah saya bandingkan, kekuatan sinar lampu LED 7 Watt merk philips sebanding dengan lampu CFL 23 Watt Philips Tornado. Namun, lampu LED 7 Watt murah kekuatan sinarnya masih kalah kuat dengan lampu CFL 8 Watt. Jadi menurut saya tidak ada bedanya antara lampu LED murah dengan lampu CFL biasa. Saya harus memasang beberapa lampu LED murah untuk mendapatkan pencahayaan ruangan yang memadai.

Namun, kekecewaan tidak hanya sampai di sana karena setelah saya ukur dengan watt meter digital. Ternyata lampu LED murah sangat menguras tenaga listrik. Lampu LED murah 7 watt menyedot tenaga listrik 14.7 Watt sedangkan lampu LED philips 7 Watt hanya menggunakan tenaga listrik 7.1 watt. Kekuatan sinar 1 buah lampu LED philips mampu memberikan cahaya penerangan yang memadai untuk ruangan 3 x 5 meter. Sedangkan, menggunakan lampu LED murah saya harus memasangkan 4 buah lampu untuk mendapatkan kekuatan cahaya yang hampir sama. Setelah saya hitung, saya harus membayar tenaga listrik sebesar 58.8 Watt untuk menyalakan 4 buah lampu LED murah dibandingkan 7.1 watt untuk menyalakan 1 buah lampu LED philips. Kesimpulan saya, lampu LED murah sangat tidak efisien untuk digunakan sebagai lampu penerangan di rumah.