Peluang bisnis cuci mobil memang sangat besar namun saat ini telah cukup banyak pebisnis yang menginjakkan kaki di pasar ini. Usaha ini dapat dirintis dengan modal sangat minim tapi tingkat pengembaliannya sangat besar. Hal ini membuat banyak pebisnis baru yang melirik peluang usaha ini.

Kesempatan bisnis ini walaupun masih mempunyai pangsa pasar yang sangat luas, namun kehadiran pebisnis baru membuat persaingan menjadi sengit. Setiap pelaku bisnis dipaksa memutar otak untuk berinovasi agar tetap dapat bertahan di dalam persaingan bisnis. Berikut ini adalah kiat yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan atau mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.

Promo
Anda dapat memberikan calon pelanggan baru untuk merasakan layanan Anda dengan memberikan harga spesial pada periode tertentu. Pelanggan pada umumnya suka dengan yang namanya promo karena mereka merasa dapat menikmati layanan murah yang tidak bisa didapatkan setiap waktu.

Pada saat setiap pelanggan atau calon pelanggan yang datang mengunjungi gerai atau menggunakan jasa cuci mobil, Anda harus memberikan layanan yang baik sesuai dengan standar pelayanan bisnis Anda pada saat harga normal. Anda tidak boleh mengurangi kualitas pelayanan karena alasan harga promo. Pelanggan yang merasakan kualitas pelayanan Anda baik, mungkin akan berkunjung kembali ke gerai Anda bahkan menjadi pelanggan tetap.

Bonus atau Hadiah
Anda bisa memberikan bonus pada hari tertentu berupa kue kecil dan cantik kepada pelanggan yang datang berkunjung. Pelanggan Anda bisa saja membawa kue hadiah pemberian Anda kepada buah hati mereka. Anda bisa juga memberikan kue atau boneka kecil kepada pelanggan yang membawa anak kesayangan mereka ketika datang berkunjung ke gerai Anda. Hal ini bisa memiliki efek luar biasa karena mereka mungkin akan sangat mengingat jasa cuci mobil Anda berkat kesan mendalam terhadap pelayanan Anda.

Paket Bundle
Anda bisa menawarkan paket layanan yang lebih murah ketika mereka menggunakan lebih dari satu layanan. Anda bisa memberikan harga yang lebih murah ketika mereka menggunakan layanan cuci mobil eksterior dan interior ditambah dengan membersihkan kolong mobil dan bagian mesin. Pelanggan pada umumnya akan merasa senang bila mereka mendapatkan diskon ketika membayar lebih.

Membership
Anda bisa mempertahankan loyalitas pelanggan Anda dengan memberikan paket membership yang jatuhnya lebih murah untuk penggunaan setiap layanan Anda. Anda juga bisa memberikan membership 10x mencuci dengan extra 1x pencucian gratis. Hal ini dilakukan untuk mencegah pelanggan setia Anda berpindah ke gerai tetangga.

Fasilitas
Berikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan ketika sedang menunggu mobilnya dicuci. Anda bisa memberikan layanan wifi gratis disertai kursi nyaman. Anda juga bisa menambahkan kafe kecil di mana pelanggan Anda bisa membawa putra putri mereka untuk menikmati makanan dan minuman. Selain memiliki daya tarik untuk jasa cuci mobil Anda, kafe juga dapat menjadi sumber penghasilan buat Anda.

Jemput Bola
Banyak pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk mengantar kendaraan mereka ke gerai pencucian mobil. Hal ini juga menjadikan sebuah masalah sekaligus kesempatan emas buat Anda yang ingin menjemput bola. Anda dapat menawarkan jasa cuci mobil di tempat. Bila Anda ingin mencuci mobil di lokasi pelanggan, Anda disarankan membawa air sendiri untuk digunakan dalam proses pencucian. Hal ini akan menambah image positif terhadap kualitas layanan bisnis Anda. Selain itu, proses pencucian mobil akan menghadapi hambatan ketika terjadi masalah pada ketersediaan air di tempat pelanggan.

Pada beberapa kasus, pelanggan tidak setuju untuk melakukan pencucian mobil di lokasi karena berbagai jenis alasan, seperti: menggangu warga lain, rumah jadi basah atau kotor, tidak memiliki tempat yang cukup dan lain sebagainya. Untuk menghadapi hal ini, Anda juga bisa menawarkan untuk membawa mobil pelanggan untuk dicuci di gerai Anda. Namun Anda harus mempunyai standar prosedur untuk menjaga keamanan kendaraan milik pelanggan.

Selamat Datang, Terima Kasih dan Senyuman
Kata selamat datang, terima kasih dan senyuman ketika melayani pelanggan sering terlupakan. Hal ini merupakan teknik marketing sederhana dan termurah di dalam bisnis. Pada praktek sehari-hari, kita sering menemukan bisnis atau usaha yang melupakan atau tidak memberikan sambutan hangat. Hal ini akan sangat terasa berbeda bila kita mendapatkan sambutan dengan senyuman, sebuah pandangan positif akan tercipta di dalam hati kita. Dalam hal melaksanakan bisnis, sangat disarankan untuk menanamkan image positif di dalam hati pelanggan. Lakukan hal sederhana ini agar pelanggan Anda merasa senang ketika berkunjung di gerai Anda.

Persaingan bisnis kian hari makin ketat, hal ini membuat semua orang berpikir tentang segala upaya agar bisnisnya dapat bertahan dan berkembang. Persaingan bisnis tidak selalu tertuju pada kualitas produk dan pelayanan tapi persaingan ini lebih tertuju pada cara kita menarik perhatian pelanggan, membuat pelanggan puas dengan pelayanan kita dan bagaimana membuat pelanggan menjadi setia. Sekian kiat bisnis untuk bisnis pencucian mobil. Salam Sukses.