Keuntungan Berjualan Di Marketplace - Photo Credit Sonia Belviso

Keuntungan Berjualan Di Marketplace

Kini banyak orang memilih cara berbelanja baru yaitu cara berbelanja online. Hal ini menjadikan dunia online merupakan suatu pasar baru yang cukup legit untuk digarap. Banyak perusahaan dan organisasi pun turut menghadirkan pasar online alias marketplace. Banyak penjual dan pembeli dikumpulkan di dalam marketplace untuk melakukan transaksi jual beli. Hal ini tentunya membawa banyak keuntungan berjualan di marketplace secara tidak langsung:

Keuntungan Berjualan Di Marketplace

Pebisnis marketplace akan menarik perhatian pengunjung dan penjual untuk meramaikan situs mereka. Mereka menawarkan berbagai keuntungan untuk penjual dan pembeli yang menggunakan marketplace mereka. Semakin ramai marketplace mereka semakin banyak juga keuntungan yang diraup. Oleh karena itu, mereka menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan untuk penjual agar meramaikan pasar mereka.

Kemudahan untuk membuka akun

Banyak marketplace yang tidak meminta banyak persyaratan untuk pembukaan akun untuk berjualan di dalam marketplace. Kebanyakan mereka hanya meminta pengguna memasukkan nama, alamat email dan nomor telepon untuk melakukan pembukaan akun. Pendaftaran akun juga tidak berlangsung lama. Biasanya dapat dilakukan dalam hitungan menit setelah mengisi formulir pendaftaran. Banyak marketplace juga menawarkan penggunaan akun penjual tanpa biaya alias gratis.

Namun, ada beberapa marketplace juga memperketat proses pendaftaran akun penjual dengan meminta berbagai dokumen, seperti: surat ijin usaha, KTP, NPWP dan juga disertai kewajiban untuk membayar sejumlah biaya untuk berjualan di marketplace terkait.

Berjualan tanpa harus memiliki website

Marketplace membuat orang-orang meninggalkan pemikiran lama tentang berjualan secara online harus memiliki website. Seperti yang kita ketahui dari dulu, untuk berjualan secara online harus memiliki toko online alias sebuah website yang difungsikan untuk berjualan. Toko online dapat menampilkan semua barang yang dijual kepada konsumen. Kini, hal itu tidak diperlukan lagi karena marketplace menawarkan fitur yang sama. Kita dapat menampilkan semua barang yang akan kita jual di sana.

Tapi ada satu hal yang perlu diingat. Bila kita menginginkan sebuah bisnis online jangka panjang, kita harus memiliki sebuah website sebagai media informasi mengenai bisnis kita tersebut.

Baca mengenai:
Alasan Mengapa Bisnis Online Harus Memiliki Website

Berjualan online tanpa menggunakan website tidak hanya melalui marketplace. Untuk tahu lebih detilnya kunjungi halaman
Jualan Online Tanpa Menggunakan Website Pribadi

Berjualan tanpa melakukan marketing

Marketing dibutuhkan ketika kita berjualan menggunakan website sendiri. Hal ini tidak diperlukan lagi bila kita berjualan menggunakan marketplace. Konsumen akan mengunjungi marketplace dan mencari produk yang diinginkan. Konsumen akan dengan mudah menemukan produk kita di dalam marketplace. Kita tetap tidak bisa berjualan walaupun tanpa melakukan marketing.

Pihak marketplace juga akan mengiklankan produk kita kepada target market. Dalam hal ini, pihak marketplace mendapatkan pengunjung dan kita mendapatkan konsumen. Pihak marketplace dan penjual sama-sama mendapatkan keuntungan. Kita tentunya akan menghemat biaya marketing yang sangat besar dalam hal ini.

Tidak Perlu Sering Posting

Bila kita berpengalaman untuk berjualan di media sosial atau aplikasi chatting, kita pasti harus selalu mengupdate informasi kepada konsumen. Kita harus memberitakan produk kita secara berulang-ulang untuk menjangkau konsumen. Hal ini tidak diperlukan bila kita berjualan di dalam marketplace. Konsumen tetap akan menemukan produk kita walaupun kita tidak mengupdate informasi produk kita. Kita hanya perlu menjaga status stok produk dan harga produk.

Banyak pembeli yang berbelanja

Banyak pembeli yang datang ke marketplace untuk mencari barang. Dengan demikian, kita sebagai salah satu penjual di dalam marketplace akan mendapatkan keuntungan. Kita dapat menawarkan produk ke calon pembeli yang terus berdatangan. Pada kondisi demikian, kita bisa menawarkan produk sebanyak mungkin kepada konsumen.

Mudah Mengetahui Keadaan Pasar Dan Pesaing

Marketplace merupakan media untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Dalam hal ini, Anda akan bersaing dengan penjual lainnya. Anda dapat memanfaatkan marketplace untuk belajar dari pesaing Anda. Anda bisa mempelajari lawan bisnis Anda mengenai cara mereka memasarkan produk, harga produk yang sejenis dengan produk Anda, cara pemasangan foto dan lain sebagainya.

Tidak perlu memiliki banyak rekening bank

Pada saat berjualan online tanpa marketplace kita pasti menyediakan berbagai rekening bank untuk mempermudah pembayaran dari konsumen. Kalau kita berjualan menggunakan marketplace, kita hanya membutuhkan sebuah rekening bank untuk menerima pembayaran dari marketplace. Pihak marketplace telah menyediakan berbagai rekening bank sebagai media pembayaran dari konsumen. Hal ini tentunya akan membuat penjual menghemat biaya untuk membayar administrasi rekening bank.

Marketplace modern telah menyediakan sistem cart

Marketplace yang hadir sekarang ini sudah menawarkan sistem cart atau perhitungan nilai belanja. Hal ini tidak bisa didapatkan melalui sarana jual beli lainnya, seperti: forum, media sosial, aplikasi chatting bahkan pada beberapa website penjualan. Hal ini tentunya membuat penjual merasa dimanjakan untuk berjualan di dalam marketplace.

Pihak marketplace menyediakan perhitungan ongkos pengiriman

Perhitungan ongkos kirim merupakan salah satu kendala bagi orang yang ingin berjualan secara online. Tanpa sistem perhitungan, kita harus bertanya kepada pihak kurir mengenai biaya pengiriman bila ada pesanan dari konsumen. Hal ini membuat proses jual beli online menjadi lebih lama dan tidak efisien

Biaya operasional yang sangat rendah dibandingkan berjualan secara konvensional

Bila kita berjualan secara konvensional, kita harus memiliki toko fisik yang cukup menguras modal. Bila kita berjualan secara online, kita dapat berjualan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk sebuah toko atau kios. Kita juga tidak harus menggaji orang untuk merawat dan mengurus toko.

Beberapa marketplace ternama tidak memungut biaya transaksi sama sekali. Namun, ada beberapa marketplace yang mengharuskan penjual membayarkan sejumlah biaya bila terjadi transaksi melalui marketplace terkait. Namun, biaya yang dikenakan cukup rendah dibandingkan kita harus mengeluarkan biaya operasional seperti layaknya membuka toko biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *