Lebih baik mencegah dibanding harus minum obat. Pencegahan hanya dapat dilakukan ketika belum sakit. Pada beberapa kasus, sebagian orang menolak untuk minum obat ketika sakit. Mereka beralasan bahwa obat mempunyai dampak buruk, obat terbuat dari bahan kimia, obat dapat menyebabkan ketergantungan dan alasan lain sebagainya.

Ahli kesehatan dan dokter tetap menganjurkan pasiennya untuk minum obat agar cepat sembuh. Sedangkan beberapa pihak menolak untuk minum obat dengan alasan pribadi masing-masing. Kini muncul pertanyaan, “Ketika sakit, lebih baik minum obat atau tidak?”.

Ada beberapa kasus di mana ada orang tertentu yang mendapatkan penyakit ringan seperti flu, demam, batuk dan lain sebagainya. Mereka mendapatkan kesembuhan tanpa menjalani pengobatan medis. Terkadang mereka hanya istirahat dan tidak menjalani pengobatan. Beberapa di antara mereka hanya menggunakan obat herbal atau pengobatan alternatif. Pada akhirnya mereka sembuh dari sakit. Akhirnya mereka menolak untuk menjalankan pengobatan medis dan penggunaan obat kimia.

Pada beberapa kasus, terdapat sebagian orang yang menolak minum obat pada awalnya. Kondisi kesehatan mereka bertambah parah karena tidak menjalani pengobatan medis. Mereka hanya mendapatkan pengobatan alternatif non kimia. Pada akhirnya mereka, terpaksa untuk menjalani pengobatan secara kedokteran. Kondisi kesehatan mereka memaksa mereka untuk menelan tablet kimia yang lebih banyak dan waktu pengobatan yang lebih panjang. Pada awalnya mereka menolak namun pada akhirnya mereka tetap harus menjalani pengobatan medis juga.

Tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan pengobatan herbal atau pengobatan alternatif. Penyakit tertentu membutuhkan penanganan medis agar dapat disembuhkan. Penyakit ringan maupun berat sebaiknya ditangani sejak dini sebelum penyakit terlanjur menyebar atau kondisi badan menjadi tambah sakit.

Pengobatan penyakit secara medis sejak dini dapat membuat seseorang lebih cepat sembuh dari penyakit. Bila suatu penyakit tidak diobati sejak dini dapat menyebabkan penyakit meluas ke daerah lain. Kondisi badan yang sakit juga akan bertambah lemah dari hari demi hari. Hal ini akan membuat penyakit lebih susah untuk diobati. Akhirnya seseorang harus menjalani pengobatan lebih lama bahkan harus minum obat dengan dosis lebih tinggi. Ketika sakit, lebih baik minum obat sejak dini agar lebih cepat sembuh.

Penyakit tertentu yang tidak diobati sejak dini dapat merusak organ dalam dan fungsi organ tertentu tidak dapat dikembalikan. Beberapa penyakit menular yang tidak diobati sejak dini dapat menular ke anggota keluarga yang lain. Hal ini juga menyebabkan biaya penanganan penyakit lebih besar dibanding menangani penyakit sejak dini.