Dalam kehidupan saat ini, stress bukanlah suatu hal yang baru. Hampir setiap orang di dunia ini mengalami stress. Stress yang dialami setiap orang berbeda tingkatannya, yaitu: ringan, sedang hingga berat. Stress berkepanjangan memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Banyak orang mulai mendapat serangan stress tapi mereka tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, kita harus kenali gejala stress sejak dini.

Stress dapat terjadi pada siapa saja ketika mereka menghadapi suatu permasalahan yang sulit di dalam kehidupannya. Mereka enggan atau tidak dapat mengutarakan masalah yang mereka hadapi pada orang lain karena perasaan takut bahwa orang yang akan mereka berikan curhat malah tidak dapat menjaga rahasia. Hal ini akan semakin memperburuk keadaan karena mereka hanya dapat memendam semua masalah itu di dalam diri mereka sendiri. Dalam keadaan seorang diri, mereka harus memikul beban pikiran yang berat dan berusaha memecahkan masalah yang dihadapi. Bila masalah tidak cepat terselesaikan, lama-kelamaan beban pikiran ini akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan individu terkait.

Kenali gejala stress sejak dini

Biasanya orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami gejala stress. Mereka cenderung mengabaikan gejala yang sering timbul. Stress sebaiknya diatasi sejak dini agar lebih mudah diatas. Mari kita kenali gejala stress sejak dini. Ada beberapa gejala stress yang muncul dan menunjukkan seseorang sedang mengalami stress, di antaranya:

Sakit kepala adalah gejala awal stress yang sering dialami

Sakit kepala umumnya terjadi ketika seseorang sedang mengalami masalah serius di dalam keluarga atau masalah di lingkungan pekerjaan. Stress umumnya disebabkan oleh kecemasan yang berlebihan. Rasa khawatir dan kecemasan yang berlebihan membuat sel otak bekerja keras dan akhirnya menimbulkan sakit kepala.

Kecemasan berlebih akan membawa mimpi buruk

Seseorang yang mengalami mimpi buruk akan secara tiba-tiba terbangun pada tengah malam. Tubuh akan mengalami kelelahan akibat dari mimpi tersebut. Kemungkinan untuk terbangun lebih sering di malam hari dan dapat menurunkan kemungkinan memiliki mood yang lebih baik pada esok harinya.

Mimisan dapat menjadi salah satu pertanda seseorang mengalami stress

Beban pikiran dan kecemasan hati membuat tekanan darah menjadi meningkat. Pada kondisi tertentu akan membuat pembuluh darah mudah pecah. Sebagian orang mengalami mimisan ketika mereka sedang mengkhawatirkan suatu masalah. Rasa khawatir yang tidak kunjung berlalu membuat tekanan darah meningkat dan akhirnya pembuluh darah daerah hidung pecah. Akhirnya terjadilah mimisan.

Pendarahan gusi merupakan gejala stress yang harus diwaspadai

Pada saat seseorang mengalami stress, jumlah hormon kortisol akan meningkat. Hormon Kortisol yang tinggi cukup berbahaya karena dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit. Bakteri lebih mudah menyerang mulut dan gusi ketika sistem kekebalan tubuh menurun dan penderita stress lebih mudah mengalami pendarahan di gusi.

Kram menstruasi berlebihan pada wanita

Pada saat seseorang wanita sedang mengalami stress, mereka akan mengalami kram menstruasi yang lebih sakit dibanding biasanya. Stress juga bisa menyebabkan periode menstruasi menjadi tidak teratur. Pada beberapa kasus, kaum wanita tertentu mendapatkan menstruasi lebih dari 2 kali dalam sebulan.