Pemilihan busana yang tepat akan menentukan penampilan kita. Kita pasti ingin tampil dengan maksimal di setiap kesempatan. Oleh karena itu, kita perlu mengenali bentuk tubuh kita agar tidak salah mengenakan busana. Mari kenali bentuk badan agar penampilan maksimal.

Kenali bentuk badan agar penampilan maksimal

Kita perlu mengenali bentuk badan kita sendiri agar lebih mudah dalam memilih pakaian yang tepat. Pakaian yang kita lihat di mall atau toko pakaian sangat beraneka ragam corak dan jenisnya. Kita perlu memperhatikan jenis pakaian tertentu yang cocok dengan bentuk badan kita dan dapat menyamarkan kekurangan yang kita miliki dibanding hanya mengenakan pakaian yang sedang trend tapi tidak cocok kita pakai. Kenali bentuk badan agar penampilan maksimal, berikut ini penjelasannya:

Bentuk badan seperti buah pear

Orang yang berbentuk badan seperti buah pear memiliki ciri di mana ukuran perut, pinggul dan pantat berukuran besar. Busana yang cocok digunakan di antaranya: rok high waisted, rok maxi, rok pensil, dan rok atau celana panjang yang melebar ke arah kaki. Rok high waisted berbentuk memanjang di atas lutut akan membuat perut terlihat lebih ramping. Rok maxi yang digunakan sebaiknya rok maxi yang berpinggang. Rok pensil juga cocok untuk dipakai dan akan menampilkan kurva pinggang. Selain itu, rok atau celana panjang yang berbentuk melebar ke arah kaki. Hal ini akan mengalihkan perhatian ke arah kaki dan menyamarkan bentuk tubuh yang besar. Hindari penggunaan pakaian yang ketat di badan. Hal ini akan membuat badan terlihat semakin besar.

Bentuk badan seperti buah apel

Ciri yang dimiliki oleh orang yang berbentuk badan apel adalah memiliki bagian atas badan dan pinggul yang besar. Orang yang memiliki bentuk badan seperti ini sebaiknya tidak memakai rok atau celana panjang berbentuk pinsil serta pakaian yang memiliki motif yang besar dan ramai. Bila hal ini dilakukan akan membuat tubuh terlihat lebih besar. Orang yang memiliki bentuk tubuh ini disarankan untuk memakai flare skirt untuk menyamarkan bentuk pinggul yang besar dan memilih baju dengan potongan V agar tubuh terlihat lebih ramping. Rok maxi dengan warna menyala juga dapat membantu menyeimbangkan tinggi badan.

Bentuk badan seperti jam pasir

Orang yang memiliki bentuk badan seperti jam pasir termasuk orang yang beruntung. Bentuk badan ini termasuk ideal dan menarik perhatian lawan jenis. Orang yang memiliki bentuk badan jenis ini sebaiknya mengenakan pakaian yang menonjolkan pinggang yang ramping. Rok high waisted berbentuk memanjang di atas lutut cocok digunakan dan akan membuat perut terlihat lebih ramping. Rok pensil juga akan menonjolkan kurva pinggang yang dimiliki wanita dengan bentuk badan ini. Rok maxi yang berpinggang juga cocok digunakan oleh orang yang memiliki bentuk badan ini. Hindari mengenakan pakaian yang lurus dan longgar. Hal ini akan mengakibatkan bentuk badan terlihat seperti persegi.

Bentuk badan atletis

Orang yang memiliki jenis badan ini cocok memakai baju jenis apa pun. Akan lebih baik lagi apabila orang yang memiliki bentuk tubuh ini memakai pakaian yang agak mengembang agar badan terlihat lebih berisi. Rok high waisted yang memanjang di atas lutut juga cocok digunakan oleh mereka yang memiliki bentuk badan atletis.

Bentuk badan seperti pisang

Ciri yang dimiliki oleh orang yang memiliki bentuk badan pisang adalah berbadan kurus dan rata pada bagian atas hingga bawah badan. Rok maxi dengan warna terang cocok dipakai pemilik bentuk badan ini untuk menyeimbangkan tinggi badan. Rok pensil yang dapat dipakai oleh wanita dengan bentuk badan ini adalah yang berjenis peplum. Hal ini akan menimbulkan ilusi tubuh seolah memiliki lekukan sehingga menimbulkan kesan seksi. Bila ingin menambah kesan glamor dan seksi, dapat memakai rok pensil dengan belahan samping.