Sistem Operasi Android memang sudah menjadi tren baru pada industri telepon pintar(Smartphone) saat ini. Hal ini tak lepas dari kerja keras Android untuk selalu mengembangkan sistemnya menjadi lebih baik. Baru-baru ini Google telah mengumumkan sistem operasi Android yang terbaru dengan versi 5.0 yand diberi nama Android Lollipop. Setelah kabar dirilisnya Android Lollipop oleh pihak Google, para produsen juga mengumumkan akan mengupdate beberapa perangkatnya dalam waktu dekat melalui akun twiter mereka, seperti: Motorola, Sony, HTC, Samsung, LG dan lain sebagainya. Android Lollipop menghadirkan kelebihan dan fitur-fitur terbaru serta memberikan banyak perubahan dari versi sebelumnya. Berikut akan kami jelaskan kelebihan yang dimiliki Android Lollipop:

1. Tampilan Desain Menarik
Tampilan desain Android Lollipop menggunakan konsep Material Design yang merupakan tampilan flat dan minimalis. Material Design dirancang untuk meningkatkan performa layanan Google Search serta menghadirkan kualitas User Experience yang lebih baik untuk segala jenis perangkat Mobile. Saat ini, tampilan yang berbasis Material Design telah mulai diimplementasikan di sejumlah layanan Google, seperti Play Store, Pushbullet, Feedly, Giza dan lain sebagainya.

2. Peningkatan Sistem Keamanan
Android Lollipop dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang dijalankan menggunakan sistem SELinux. Sistem ini telah teruji meningkatkan keamanan dari ancaman Malware. Android Lollpop juga memiliki fitur Smart Lock yang dapat mengintegrasikan keamanan dua perangkat Mobile.

3. Baterai Lebih Hemat
Semakin banyak fitur dalam perangkat Mobile maka akan semakin banyak pula daya yang dibutuhkan untuk perangkat tersebut. Android menciptakan Proyek Volta berupa Battery Historian untuk memberikan kontrol maksimal pada sebuah aplikasi yang mempengaruhi daya tahan baterai. Selain itu, Proyek Volta bisa mengidentifikasi secara baik baterai yang sedang terpakai dan fitur apa yang menggunakan daya baterai secara berlebihan.

4. Penggunaan ART Complier
ART Complier dapat berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja memori dan mempercepat proses loading aplikasi hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Penggunaan ART Complier dapat menggantikan sistem Dalvik Complier yang telah diterapkan sebelumnya. Dengan menerapkan ART Complier membuat Android Lolipop benar-benar menjadi Cross-Platform pada ARM, x86 dan MIPS.

5. Sharing Konten
Android Lollipop menggunakan konsep All-screen yang bisa menyesuaikan perangkat ketika digunakan pada Ponsel, tablet, laptop dan TV. Android Lolipop juga mampu berintegrasi dengan banyak perangkat dengan memungkinkan mengirim berbagai konten ke sesama Android, seperti Smart TV dan Smart Watch.

5 fitur utama ini yang menjadi senjata utama Android Lollipop. Dengan terus berkembangnya teknologi, memungkinkan Android akan terus berkembang menjadi Sistem Operasi yang lebih baik. Kita sebagai pengguna akan terus mendukukung pengembangan yang dilakukan android dengan versi-versi lebih baru. Sekian pembahasan materi ini, semoga dapat memberikan Anda wawasan yang lebih luas tentang Android Lollipop.