Kini cara berbisnis yang baru telah hadir di antara berbagai bisnis di Indonesia, yaitu berbisnis secara online. Bisnis online sangat erat kaitannya dengan kehadiran website sebagai media informasi atau media untuk berbisnis. Website merupakan identitas pebisnis online, identitas produk dan tempat di mana konsumen dapat mencari informasi lebih jauh mengenai produk dan layanan. Website merupakan sebuah hal yang tidak terpisahkan dari bisnis online.

Tampilan website yang berkualitas dapat menambah kepercayaan pengunjung terhadap produk, layanan maupun pemilik bisnis. Cara peletakan, penyajian gambar dan tulisan yang baik dapat mengangkat citra produk atau layanan yang ditawarkan. Sebuah website harus memiliki sistem navigasi yang baik agar pengunjung dapat dengan mudah menelusuri isi website untuk mempelajari lebih jauh tentang produk dan layanan. Berbagai teknik untuk menempatkan gambar, tombol navigasi beserta pemilihan ukuran dan warna tulisan juga ikut terlibat agar pengunjung dapat dengan mudah melihat dan menangkap informasi yang disajikan. Website juga harus mudah diatur oleh pemilik atau operator yang bertugas untuk merawat dan memperbarui isi website.

Setiap pebisnis maupun calon pebisnis online tidak selalu memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website tampil menarik dari sisi tampilan(desain). Hal ini membuka sebuah kesempatan luas bagi website designer untuk menawarkan jasa dan kemampuan desain websitenya. Bayaran untuk seorang website designer untuk merancang tampilan sebuah website terhitung tinggi tergantung kualitas design dan tingkat kerumitan desain. Kesempatan bisnis masih sangat luas bagi website designer mengingat masih sangat banyak bisnis yang belum menginjakkan kaki di dunia online dan masih banyak bisnis baru yang akan hadir.

Seorang website designer harus memiliki beberapa kemampuan mutlak untuk dikuasai agar dapat menciptakan website yang memiliki kualitas yang baik. Berikut ini adalah persyaratan dan cara menjadi web designer:

Kemampuan desain grafis
Sebuah website tidak terlepas dari penggunaan gambar untuk mewujudkan tampilannya. Hampir semua elemen yang terkandung di dalam sebuah website merupakan gambar, contohnya: template website, logo, simbol, tombol, foto produk dan lain sebagainya. Kemampuan desain merupakan kebutuhan wajib dan mendasar agar dapat menciptakan tampilan website yang cantik dan elegan.

Bahasa tampilan
Template website hasil desain secara keseluruhan adalah dalam bentuk sebuah gambar besar. Setiap bagian pada template tersebut harus dipisahkan menjadi gambar yang lebih kecil dan disusun kembali dalam bentuk bahasa tampilan, yaitu: HTML dan CSS. Bagian tertentu pada template bisa saja digantikan dengan kode HTML dan CSS sehingga tidak membutuhkan gambar lagi. Penggunaan bahasa tampilan dapat membuat website dibuka dengan lebih cepat karena gambar memerlukan bandwidth yang lebih besar untuk mengambilnya dari server. Namun ada beberapa gambar atau hasil design yang tidak dapat digantikan oleh bahasa tampilan.

Imajinasi dan kreasi
Setiap pemilik bisnis menghendaki website yang dimiliki berpenampilan unik namun sesuai dengan tema produk atau layanan. Anda sebagai website designer harus dapat membuat sebuah kreasi baru sesuai dengan permintaan. Anda dapat merancang hasil akhir tampilan website tersebut ke dalam sebuah gambar. Anda dapat menuangkan semua ide tersebut ke dalamnya. Anda dapat menggunakan website lain yang mempunyai tema serupa sebagai referensi atau menggabungkan beberapa referensi untuk dikreasikan.

Pengetahuan SEO Dasar
Pengetahuan SEO Dasar merupakan hal wajib untuk diketahui oleh seorang website designer. Kesalahan fatal bisa terjadi apabila seorang designer salah menggunakan tag HTML untuk dijadikan kreasi dalam design. Seorang website designer bertanggung jawab atas hasil karyanya. Oleh karena itu, mereka harus sudah mempelajari pengetahuan dasar SEO terlebih dahulu sebelum mereka bertindak lebih jauh.

Bahasa pemrograman Server Side
Bahasa pemrograman server side merupakan pengetahuan mutlak untuk dikuasai bila Anda menjual hasil design website ke dalam sebuah website yang dapat dioperasikan. Bahasa pemrograman ini membuat website lebih dinamis dan dapat digunakan untuk menyimpan data pengunjung. Bahasa pemrograman server side yang paling umum digunakan adalah PHP dan ASP. Anda disarankan menggunakan PHP karena digunakan oleh berbagai kalangan dan tanpa diwajibkan untuk biaya tambahan.

Penguasaan bahasa pemrograman server side memungkinkan Anda memasangkan hasil design Anda pada platform framework atau CMS yang berbeda.

Bahasa Pemrograman Client Side
Bahasa pemrograman client side, seperti: javascript, AJAX, jQuery dan lain sebagainya dapat digunakan untuk mempercantik dan menambah sisi interaktif tampilan website. Penggunaan beberapa module pihak ketiga seperti colorbox, shadowbox, createJS, BootStrap dan lain sebagainya juga dapat mempermudah pekerjaan Anda menjadi seorang website designer.