Jualan online kini menjadi tren bisnis tersendiri. Hal ini juga didukung oleh banyaknya konsumen yang bermunculan dari waktu ke waktu. Pebisnis online juga tidak wajib untuk memiliki modal besar untuk membuat toko fisik dan menjaga ketersediaan stok. Biaya operasional untuk berjualan online juga sangat kecil karena tanpa adanya toko fisik yang perlu dirawat dan tanpa perlu adanya banyak pekerja. Selain itu, mereka juga dapat menerima pesanan selama 24jam sehari sehingga kemungkinan penjualan yang dapat mereka capai juga lebih tinggi.

Masalah teknis timbul ketika para pebisnis ini dihadapkan pada masalah website. Mereka harus memiliki website untuk berjualan online. Mereka adalah para pebisnis dan tidak mengerti dengan masalah teknis mengenai pembuatan dan pengelolaan website. Sebagian besar dari mereka juga tidak ingin membayar jasa pembuatan website, pendaftaran domain, sewa hosting, marketing dan lain sebagainya. Mereka hanya mengerti dengan prinsip ekonomi yang berbunyi, “pengeluaran yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya”.

Pada awalnya di Indonesia, untuk berjualan online harus memiliki website karena media sosial belum terbentuk, belum adanya media penjualan, smartphone belum digunakan secara umum dan lain sebagainya. Kini telah hadir berbagai media yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Kehadiran media penengah ini membuat para pebisnis bangkit untuk berjualan. Mereka tidak perlu memiliki dan mengelola website sendiri. Sebagian besar media yang dapat digunakan malah tidak memungut biaya dari pengguna. Berikut ini adalah media yang digunakan untuk berjualan online:

Marketplace
Marketplace merupakan media yang dirancang khusus untuk digunakan sebagai media jual beli. Marketplace memfasilitasi penjual dan pembeli dengan berbagai fitur di dalam website mereka untuk mempermudah proses transaksi. Mereka juga melakukan marketing yang membantu pengguna untuk berjualan. Marketplace juga membantu penjual untuk menerima pembayaran melalui berbagai jenis cara pembayaran seperti transfer, pembayaran online, kartu kredit dan lain sebagainya. Hampir semua fitur telah dilengkapi di sana.

Media Sosial
Media sosial kini telah marak digunakan oleh pengguna seluruh dunia, seperti: facebook, twitter, path, instagram dan lain sebagainya. Media sosial kini semakin dipadati oleh pengguna karena media sosial memudahkan pengguna menyebarkan informasi dan dapat digunakan sebagai media komunikasi. Awalnya media sosial diciptakan untuh sharing informasi bukan untuk berjualan. Sebagian orang menggunakan media ini untuk kepentingan bisnis. Mereka memanfaatkan kehadiran pengguna lain yang cukup ramai sebagai target market.

Aplikasi Chatting
Kehadiran smartphone mendorong dikembangkannya aplikasi chatting yang kini sangat umum digunakan. Setiap smartphone yang beredar tidak terlepas dengan aplikasi chatting, seperti: BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan lain sebagainya. Aplikasi chatting menjadi suatu media informasi seperti layaknya media sosial. Popularitas aplikasi chatting mengundang pelaku bisnis yang kreatif untuk menjual produk dan jasanya. Mereka mengirimkan informasi mengenai produk atau jasa kepada calon konsumen mereka menggunakan aplikasi chatting.

Forum
Forum merupakan arena tanya jawab dan menyebarkan informasi. Mereka yang ahli di suatu bidang memberikan bantuan informasi di dalam forum terkait. Mereka memberikan solusi sambil menawarkan produk mereka. Jual beli menggunakan forum kini mulai ditinggalkan sejalan dengan munculnya berbagai marketplace.