Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan - Photo Credit Official GDC

Jenis Bisnis Online Terbukti Menghasilkan

Anda yang sedang mencari peluang usaha atau sedang pengangguran wajib membaca artikel ini. Kali ini kami ingin menceritakan bisnis online apa saja yang bisa dilakukan. Mungkin sebagian besar dari Anda bila diberi pertanyaan “Apa yang bisa dibisniskan secara online?”, akan menjawab:
– jualan baju
– jualan HP
– jualan komputer
– jualan batu akik
– jualan buku
– jualan alat masak
– jualan obat
dan lain sebagainya.

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui berbagai jenis bisnis online dan tahu bahwa bisnis online tidak hanya menjual barang nyata di dalam kehidupan. Mungkin juga banyak hal yang tidak terpikirkan oleh Anda bahwa hal tersebut dapat dijual dan ada pembeli bahkan pelanggan setia yang selalu kembali untuk membeli.

1. Toko online barang real
Toko online ini adalah toko online yang seperti kebanyakan orang pikirkan. Mereka memiliki produk mereka masukkan ke toko online miliknya. Ketika ada yang membeli dan membayar maka mereka kirimkan produknya ke alamat pembeli.

2. Toko online barang virtual
Toko online ini tampak seperti toko online biasa namun produknya tidak nyata. Produk yang dapat dijual di antaranya: aplikasi komputer, hasil design, foto, musik, ebook dan lain sebagainya. Produk dapat dijual tanpa perlu pengiriman secara nyata, walau terkadang masih ada beberapa penjual yang masih mengirimkan produknya dalam bentuk rekaman CD, DVD dan lain sebagainya.

3. Berjualan di market
Mirip dengan toko online namun bisnis yang satu ini tidak memiliki toko online. Pelaku bisnis hanya perlu memiliki produk atau sumber untuk mendapatkan produk. Mereka mendaftarkan diri sebagai penjual di dalam suatu market. Saat ini market yang sedang marak seperti : lazada, rakuten, tokopedia, elevenia, Qoo10 dan lain sebagainya. Berjualan di market membutuhkan modal relatif lebih sedikit karena tidak perlu memiliki website.

4. Afiliasi
Bisnis ini berjualan produk real ataupun virtual, namun pelaku bisnis afiliasi tidak memiliki produknya sendiri. Pelaku bisnis ini menjual produk dari pihak ketiga kepada pelanggannya. Produk afiliasi bisa didapatkan melalui amazon, clickbank dan website lainnya.

Pebisnis ini mendapatkan komisi dari setiap pejualan yang dia lakukan. Model bisnis ini hanya membutuhkan modal cukup minim karena hanya berbekal ilmu berjualan mereka sudah bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya cukup menggiurkan.

5. Publisher
Bisnis publisher alias menayangkan iklan milik orang lain di dalam website miliknya. Bisnis ini juga cukup tinggi penghasilannya berkisar antara beberapa juta hingga ratusan juta per bulan. Pelaku bisnis ini membutuhkan ketekunan untuk menambah konten website dari waktu ke waktu untuk menjaga agar pendapatan iklannya tidak berkurang.

Pebisnis ini harus melalui ujian berat karena pada awalnya tidak akan ada penghasilan di setengah tahun pertama karena website yang dibangun akan asing untuk semua orang. Namun ketekunan dan kesabaran akan berbuah manis bila, pelaku bisnis ini tetap berkomitmen untuk melakukannya dan membawanya ke ambang kesuksesan.

6. Jasa Desain dan aplikasi website
Bisnis ini ditujukan untuk menjaring pelaku bisnis online lain dengan menyediakan jasa untuk desain dan aplikasi website. Pebisnis awam yang tidak mengerti dengan teknik pembuatan website atau tidak mau berlama-lama untuk belajar membuat website pastinya akan menggunakan jasa pembuatan website.

Penyedia jasa desain dan aplikasi website tentunya tidak dapat dijalankan oleh semua orang karena model bisnis ini membutuhkan ketrampilan untuk menuliskan kode pemrograman.

7. Jasa Marketing Online
Bisnis online yang serius tentunya memiliki target penjualan untuk dicapai dalam kurun waktu tertentu, dan target penjualan akan dinaikkan pada periode-periode berikutnya agar perusahaan berkembang. Namun marketing online tidak seperti marketing pada bisnis konvesional. Teknik marketing ini hanya dikuasai oleh orang-orang yang benar-benar menggelutinya.

Jasa marketing online juga cukup manis untuk dijalankan karena jasa ini juga cukup ramai dicari oleh para pebisnis. Salah satu sisi positifnya adalah jasa marketing online terikat dengan kontrak kerja sehingga pebisnis ini akan tetap mendapatkan kerjaan dan penghasilan pada setiap bulannya.

8. Bisnis sewa hosting dan pendaftaran domain
Bisnis ini mungkin terdengar asing untuk Anda, namun bisnis ini cukup bagus karena jumlah pebisnis online semakin lama semakin banyak. Hampir setiap pebisnis online memiliki website dan mereka membutuhkan domain dan hosting agar website dapat beroperasi.

Anda yang pemula juga dapat melakukan bisnis ini dengan menjadi serorang reseller hosting. Anda tinggal membeli akun reseller dan dalam hitungan jam, akun Anda telah aktif dan Anda bisa mulai menawarkan hosting Anda.

9. Jual langganan informasi
Anda seorang profesional? Anda seorang motivator? Anda seorang pebisnis? Anda seorang guru bahasa? Anda seorang dokter? ya, siapa pun Anda yang memiliki pengetahuan untuk dijual. Anda bisa menjualnya melalui sebuah website berlangganan. Pelanggan Anda harus berlangganan di website Anda agar dapat mengakses informasi dari Anda. Anda sebagai pemilik bisnis ini juga diharapkan untuk bisa menambah informasi di dalam website untuk diakses oleh pelanggan Anda.

10. Jual Subsistem(Add On)
Anda seorang ahli desain atau ahli pemrograman website. Anda juga bisa membuat suatu subsistem untuk dijual kepada para pemilik website. Subsistem bisa berupa:  hasil desain template, subsistem berupa sistem tambahan(Add On) yang melengkapi fungsi website yang sudah ada. Subsistem yang bermanfaat cukup banyak di cari oleh para pemilik website. Anda cukup membuatnya sekali dan menjualnya berkali-kali.
Contoh Subsistem:
– Menghitung biaya kirim
– Pengiriman email koran otomatis
– Sistem subscriber
dan masih banyak lagi.

11. Jasa desain
Jasa desain logo dan banner untuk kebutuhan website juga banyak yang cari namun bisnis ini cukup banyak yang menguasai sehingga terjadi perang harga. Anda harus cukup cermat untuk mencari pelanggan yang membutuhkan hasil design Anda. Anda harus menggantungkan hasil design Anda yang bagus sebagai pendukung di dalam website Anda sehingga dapat mendongkrak harga penawaran Anda.

Sekian model bisnis online yang bisa dijalankan, namun untuk menjalankannya Anda butuh kesabaran dan ketekunan. Anda tidak perlu berkecil hati bila tidak bisa menjalankan bisnis tertentu karena suatu alasan karena saya pribadi juga memiliki keterbatasan sehingga tidak bisa menjalankan sebagian bisnis yang saya sebutkan di atas.

Semoga sukses untuk menjalankan bisnis online Anda. Bila Anda mengetahui jenis bisnis online lain yang belum disebutkan di sini, silahkan tulis di komentar untuk membantu pembaca lainnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *