Bila Anda seorang pemain saham dan Ketika Anda berpikir untuk melakukan average down, hal ini berarti Anda telah mengalami kerugian setelah membeli saham tertentu. Harga saham bergerak turun setelah Anda membeli saham. Hal ini yang membuat Anda berpikir untuk average down. Apakah average down baik?

Langkah untuk melakukan average down harus dipertimbangkan terlebih dahulu, sebelum Anda melakukannya. Hal ini dikarenakan Anda akan mengeluarkan uang dari kantong. Langkah ini bisa saja membuat Anda untung besar atau membuat Anda menderita kerugian lebih banyak lagi.

Bila harga bergerak turun dalam kisaran wajar karena pengaruh faktor sektoral atau pergerakan nilai indeks, maka langkah untuk melakukan average down dapat dikatakan aman untuk dilakukan. Namun, pergerakan nilai saham sektoral atau indeks yang bergerak ke bawah dikarenakan kondisi ekonomi melemah maka langkah ini harus dipertimbangkan lebih matang lagi.

Kita juga harus berhati-hati pada saat mengambil langkah average down ketika saham bergerak turun akibat kesehatan perusahaan kurang baik atau keuntungan perusahaan menurun. Bila keuntungan perusahaan turun dalam batas wajar dan nilai penurunan harga saham melebihi nilai kewajaran maka harga saham ini menjadi murah untuk dibeli. Sebaliknya kondisi perusahaan tidak baik bahkan menderita kerugian sebaiknya kita menarik niat untuk melakukan average down.

Pada saat melalukan average down kita harus cukup bersabar dan memperhatikan pergerakan harga. Kita harus menunggu sampai di saat nilai saham sudah stabil dan tidak menurun lebih jauh untuk melakukan average down. Kesabaran ini akan menghasilkan keuntungan lebih besar dan memperkecil resiko kerugian.