Ciri-ciri umum penyakit herpes adalah munculnya ruam atau bintilan merah yang pada daerah sekitar mulut, wajah, punggung atau lain sebagainya. Dalam bahasa sehari-hari penyakit herpes ini dikenal dengan sebutan cacar api atau cacar ular. Sebagian orang mengira penyebab penyakit herpes adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Hal ini menjadikan banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit herpes terjadi karena seseorang kurang menjaga kebersihan kulit. Apakah itu benar?

Virus penyebab herpes merupakan virus yang menyebabkan cacar air. Ketika seseorang sembuh dari cacar air, virus herpes tidak menghilang dari dalam tubuh penderita. Virus ini akan tidur di dalam jaringan saraf kita. Ketika daya tahan tubuh kita menurun, virus ini akan aktif kembali untuk menyerang tubuh kita dalam bentuk yang lebih ganas. Serangan pertama virus ini dikenal sebagai cacar dan serangan berikutnya disebut sebagai cacar api atau cacar ular. Penyakit ini dinamakan cacar api karena luka yang ditimbulkan sangat sakit dan terkadang terasa seperti terbakar. Hal ini membuktikan bahwa seseorang yang rutin menjaga kebersihan badannya dengan mandi dua kali atau lebih dalam sehari tidak menjamin tidak terkena penyakit herpes.

Penyakit Herpes dapat menular melalui udara, sentuhan tangan, handuk, pakaian atau penggunaan gelas minum yang sama dengan penderita atau melalui hubungan intim. Penyakit herpes tidak menimbulkan luka pada daerah yang sama pada setiap orang. Hal ini menyebabkan penyakit ini lebih susah diidentifikasi. Terkadang luka yang ditimbulkan penyakit ini terdapat di balik pakaian atau di dalam mulut sehingga hal ini tidak mudah terlihat. Hal ini mempersulit kita untuk menghindari kontak kulit dengan penderita herpes.

Penyakit cacar api atau cacar ular merupakan serangan lanjutan dari virus penyebab penyakit cacar air. Penyakit ini sangat menular sehingga kita tidak cukup hanya dengan menjaga kebersihan tubuh untuk menghindari resiko terkena penyakit ini. Upaya pencegahan yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit herpes adalah menjaga daya tahan tubuh kita sendiri atau mendapatkan vaksinasi melalui layanan medis.